ARTIKEL

Waspada Monkeypox, Kenali Cara Pencegahannya!

Sep 21, 2024 12:18am

Penyakit monkeypox atau cacar monyet sedang menjadi buah bibir di antara masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Kasus monkeypox di Indonesia pertama kali ditemukan pada tahun 2022, yang dialami oleh seorang lelaki berumur 27 tahun yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Dilansir laman Kementerian Kesehatan RI, sampai tahun 2024 telah ditemukan 88 kasus monkeypox di Indonesia.

Monkeypox disebabkan oleh infeksi Monkeypox virus (MPXV) yang ditularkan oleh hewan, seperti anjing, kelinci, tikus, monyet, landak, dan rusa. Tidak hanya hewan, virus ini menular dari manusia ke manusia melalui kontak dengan cairan tubuh, darah, dan ruam kulit.

Virus monkeypox dapat menular ke siapa saja, terutama orang yang suka mengkonsumsi daging hewan liar dan kelompok usia yang daya tahan tubuh yang lemah, termasuk anak-anak. Lantas, bagaimana cara mencegah monkeypox pada anak? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Cara Mencegah Monkeypox
Dilansir dari laman Mayo Clinic, inilah tindakan yang harus dilakukan untuk menghindari virus monkeypox:

1. Hindari kontak langsung dengan penderita
Virus monkeypox dapat menyebar dari manusia ke manusia melalui kontak langsung, seperti terkena air liur saat batuk atau bersin. Selain itu, virus dapat masuk melalui luka yang terbuka dan saluran pernapasan.

Beberapa gejala monkeypox yang harus diwaspadai adalah demam, ruam, panas dingin, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Jika si kecil mulai mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera periksa ke dokter agar bunda bisa lebih waspada. Jika si kecil sudah positif terinfeksi virus monkeypox, anak harus istirahat di rumah.

Sebagai pertolongan pertama untuk menangani demam gejala monkeypox, bunda bisa memberikan si kecil
Termorex.

Termorex, merupakan sirup obat dengan kandungan paracetamol untuk membantu meredakan demam pada anak seperti setelah imunisasi, sakit kepala, dan sakit gigi. Termorex telah menjadi sirup obat demam andalan para ibu di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Hadir dengan rasa jeruk dan bebas alkohol.

Bunda bisa beli Termorex, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex store, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

2.
Rutin mencuci tangan
Menumbuhkan kebiasaan mencuci tangan pada anak dapat mencegahnya dari berbagai penyakit, bukan hanya virus monkeypox. Mencuci tangan dengan sabun secara teratur akan menghilangkan kotoran, bakteri, virus, dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Hal ini juga dapat mengurangi resiko perpindahan kuman ke orang lain.

3.
Menggunakan masker
Tidak hanya untuk menghindari debu dan polusi, masker akan memblokir hidung dan mulut dari percikan air liur dan partikel yang membawa virus dan bakteri. Selain itu, kita juga bisa mencegah penularan virus ke orang lain.

4.
Vaksin
Salah satu cara paling ampuh untuk menghindari penyakit monkeypox adalah dengan vaksin. Vaksin cacar monyet merupakan vaksin cacar yang telah dikembangkan, mengingat virus monkeypox masih satu keluarga dengan virus penyebab cacar.

Namun, vaksin cacar monyet belum bisa diberikan secara massal. Ada 2 jenis vaksin cacar monyet, yaitu vaksin JYNNEOS dan ACAM2000. Namun, ACAM2000 biasanya tidak direkomendasikan untuk anak-anak kecuali mereka berisiko tinggi terpapar, misalnya dalam situasi wabah.

Itulah beberapa cara mencegah monkeypox yang dapat bunda lakukan dan terapkan pada anak. Kesimpulannya, daya tahan tubuh dan kebiasaan yang sehat dapat mencegah si kecil tertular virus dan bakteri penyebab penyakit.

 

Tags:

Halaman