ARTIKEL

Jangan sampai Salah, Inilah 5 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Sarapan Si Kecil

Apr 25, 2019 11:55am

Dalam masa pertumbuhan, Si Kecil membutuhkan asupan gizi yang mencukupi. Pemberian asupan gizi yang cukup bagi Si Kecil dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk memperhatikan menu sarapan anak. Sarapan yang menjadi salah satu sumber energi Si Kecil harus sangat diperhatikan pilihan dan kualitasnya agar ia dapat beraktivitas dengan nyaman seharian. Butuh rekomendasi makanan terbaik untuk sarapan Si Kecil? Jangan sampai salah, berikut informasinya!

 

1. Semangkuk sereal dan susu

Rekomendasi makanan terbaik untuk sarapan Si Kecil yang pertama adalah semangkuk sereal dan susu. Sereal yang mengandung karbohidrat dapat menjadi sumber energi bagi Si Kecil. Menu sarapan anak satu ini bisa menjadi alternatif makanan dengan kandungan karbohidrat selain nasi.

Sereal yang merupakan jenis makanan berkabohidrat kompleks dengan kandungan gandum utuh, mengandung kadar serat tinggi, dan rendah gula ini akan dicerna dengan lambat. Dengan begitu, anak akan memperoleh energi konstan dan membuatnya menjadi tidak cepat lapar. Campurkan sereal dengan susu untuk menambah gizi pada menu makananya, serta buah kesukaannya.

 

2. Telur orak-arik (scrambled eggs)

Sarapan bagi Si Kecil tidak hanya berguna sebagai bahan bakar untuk siap menjalani aktivitas seharian, namun juga mendukung pertumbuhannya. Oleh karena itu, Si Kecil perlu menu makanan yang mengandung protein untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Salah satu menu sarapan anak yang mengandung protein adalah telur, dan telur orak-arik (scrambled eggs) yang digemari anak bisa jadi pilihan. Menu sarapan sederhana ini bisa dihidangkan bersama potongan keju kecil, lengkap dengan sayuran hijau yang sudah dipotong untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

 

3. Nugget ikan

Menu sarapan anak selanjutnya yang bisa jadi pilihan adalah nugget ikan. Nugget ikan yang enak dan gurih bisa menjadi alternatif bila Si Kecil kurang menyukai ikan. Pilihlah nugget ikan yang terbuat dari tuna, sarden, atau salmon yang megandung asupan omega 3.

Omega 3 yang merupakan bagian dari lemak esensial dibutuhkan oleh Si Kecil untuk pertumbuhan sel syarat otak dan hormon tumbuh kembangnya. Namun, tubuh anak tidak bisa memproduksi asam lemak esensial sendiri. Dari nugget ikanlah Si Kecil bisa mendapatkan asupan omega 3 ini. Membantu tubuh menyerap vitamin lebih baik yang berdampak pada pengoptimalan pertumbuhan fisik anak juga membuat menu nugget ikan ini wajib dipilih.

 

4. Buah-buahan

Sesekali memberikan buah-buahan yang kaya vitaman dan mineral sebagai menu sarapan anak juga baik untuk dipertimbangkan. Anak membutuhkan buah-buahan segar untuk memperoleh antioksidan yang mencukupi. Beragam jenis buah yang cocok untuk sarapan di antaranya adalah semangka, papaya, hingga pisang. Buah-buah tersebut bisa dipotong kecil-kecil sebagai menu sarapan Si Kecil atau dicampurkan pada menu sereal agar lebih enak disantap.

Mengandung antioksidan yang bermanfaat melindungi sel tubuh anak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas penyebab penyakit jantung, kanker, hingga rentan penyakit karena virus, buah-buahan bisa dijadikan menu sarapan anak yang sehat dan bermanfaat.

 

5. Pancake

Sesekali membuat pancake sebagai menu sarapan anak juga tidak ada salahnya. Selain lezat, pancake yang terbuat dari tepung dan telur juga menyediakan kandungan nutrisi yang baik untuk anak, selama bukan menggunakan produk olahan pancake instan yang mengandung bahan pengawet. Pancake homemade atau buatan sendiri dapat menjadi lebih sehat dengan menambahkan buah-buahan segar. Beberapa tetes madu sebagai pengganti sirup juga bisa membuat pancake untuk sarapan anak semakin enak dan sehat.

 

Nah, itulah beberapa rekomendasi menu makanan anak yang bisa dipilih dan baik bagi Si Kecil. Pastikan menu makanan anak untuk sarapan tidak salah agar ia dapat beraktivitas dengan nyaman ya, Bunda!

Tags:

Halaman