ARTIKEL

Selain Sehat, Aktif Bareng si Kecil Bisa Beri Manfaat Ini Lho!

Oct 28, 2021 10:07am

Bermain merupakan dunianya anak-anak. Bermain memiliki peran penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Saat si kecil bermain, sebaiknya Bunda ikut serta dan masuk dalam dunia mereka. Tahukah Bunda, bermain bersama anak punya banyak manfaat lho.

Ikut masuk dalam dunia anak membantu menciptakan bonding antara Bunda dan si kecil. Sambil bermain, Bunda juga bisa menjaga si kecil dari kemungkinan terjadinya kecelakaan yang bisa membuatnya terluka. Aktif bergerak membuat tubuh sehat, Bund. Begitu pula jika Bunda ikut aktif bergerak bersama si kecil. Berikut ini beberapa manfaat orang tua bermain bersama anak:

  1. Memperkuat komunikasi dengan anak

Komunikasi yang baik membuat Bunda tetap terkoneksi dengan anak. Jika si kecil lebih banyak diam dan tak mau membuka diri, bagaimana Bunda bisa mengetahui apa yang ia rasakan? Bermain bersama anak membantu mempererat ikatan Bunda dengan si kecil serta menciptakan komunikasi yang baik.

  1. Mengajari anak menjadi sportif

Sambil bermain, Bunda bisa mengajarkan anak bagaimana cara mengontrol emosi. Bermain bersama mengajarkan si kecil rasa kecewa akibat kekalahan serta rasa bangga jika menang. Ketika si kecil kalah, ajarkan ia cara menjadi sportif dan menerima kekalahannya. Tenangkan si kecil saat ia marah dan kecewa ya, Bunda.

  1. Menghindari stres pada anak dan orangtua

Rasa jenuh akibat bekerja dari rumah bisa hilang ketika Bunda bermain bersama anak. Aktif bergerak dan tertawa bersama si kecil memicu hormone bahagia sehingga dapat mencegah stres. Tidak hanya pada orang tua, si kecil juga bisa terhindar dari stres saat dirinya merasa disayang dan dicintai Bunda, lho.

  1. Melatih sosialisasi anak

Tidak hanya memperkuat bonding dan melatih emosional si kecil, bermain bersama juga membantu anak belajar bersosialisasi. Misalnya ketika Bunda bermain peran, dimana anak memerankan si penjual dan Bunda berperan sebagai pembeli atau sebaliknya. Permainan ini mengajarkan bagaimana si kecil bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

  1. Orang tua bisa lebih memahami karakter dan minat anak

Bermain bersama anak membuat Bunda lebih bisa memahami karakter si kecil. Bunda menjadi lebih tahu jenis permainan apa yang disukainya. Serta bakat terpendam apa yang muncul dari si kecil. Tentunya hal ini memudahkan Bunda mengasah dan mengembangkan bakatnya, kan.

Aktif dan bermain bersama anak bisa memberikan banyak manfaat. Karena itu, jangan sampai anak tidak bisa aktif karena sakit. Untuk pertolongan pertama saat anak sakit, Bunda bisa menyiapkan obat yang aman dan berkualitas dari Konimex.

Tags:

Halaman