ARTIKEL

Pertolongan Pertama untuk Bayi saat Kejang Akibat Demam

Oct 15, 2023 9:25pm

Kejang akibat demam adalah suatu kondisi serius yang dapat terjadi pada bayi ketika suhu tubuh naik secara tiba-tiba dan cepat. Sebagai seorang bunda, penting untuk mengetahui cara memberikan pertolongan pertama yang tepat jika bayi mengalami kejang akibat demam. Berikut 5 langkah pertolongan pertama yang dapat bunda lakukan jika bayi mengalami kejang akibat demam:

 

  1. Tetap Tenang dan Perhatikan Waktu

Ketika bayi mengalami kejang, penting untuk bunda tetap tenang. Dalam keadaan tenang, bunda dapat memperhatikan berapa lama kejang pada bayi berlangsung. Informasi ini akan sangat berarti bagi dokter dalam menentukan tindakan berikutnya.

  1. Letakkan Bayi di Tempat yang Aman

Jika memungkinkan, letakkan bayi di tempat yang aman seperti di atas tempat tidur atau di lantai yang datar. Pastikan tidak ada benda-benda keras atau berbahaya di sekitarnya yang dapat membahayakan bayi selama kejang berlangsung. Hal ini bertujuan untuk mencegah cedera selama kejang berlangsung.

  1. Jangan Menahan Gerakan Bayi

Sangat penting untuk tidak mencoba menahan gerakan bayi atau memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya selama kejang berlangsung. Karena tindakan ini dapat menyebabkan cedera serius pada bayi. Lebih baik bunda tetap tenang dan mengawasi keadaan bayi dengan cermat.

  1. Perhatikan Pernapasan pada Bayi

Pastikan bahwa bayi dapat bernapas dengan baik selama kejang. Jika mulut atau hidungnya tersumbat, bunda dapat membersihkan dengan lembut untuk memastikan jalur pernapasan tetap terbuka. Hal ini sangat penting untuk menjaga oksigenasi tubuh bayi selama kejang.

  1. Jagalah Kepala dan Tubuh Bayi

Pastikan kepala bayi tidak terbentur selama kejang. Jika mungkin, letakkan bayi dalam posisi menyamping agar muntah atau lendir tidak mengganggu pernapasannya. Ini akan membantu memastikan jalur pernapasan tetap terbuka dan menghindari potensi cedera.

  1. Segera Hubungi Pelayanan Kesehatan

Jika kejang berlangsung lebih dari 5 menit atau jika bayi mengalami kesulitan bernapas setelah kejang berakhir, segera hubungi layanan kesehatan atau pergilah ke unit gawat darurat.

 

Melihat bayi mengalami kejang akibat demam adalah situasi yang menakutkan untuk para bunda. Jika bayi mengalami demam, bunda dapat memberikan Termorex Baby. Termorex Baby memiliki varian rasa jeruk yang disukai si kecil untuk membantu menurunkan demam pada bayi dan anak-anak. Dengan formulanya yang bebas alkohol, Termorex Baby aman digunakan mulai dari bayi di bawah usia 1 tahun sampai dengan 5 tahun ya bun, sehingga memberikan bunda kepastian dan kenyamanan saat merawat mereka. 

Tags:

Halaman