ARTIKEL

Gejala Batuk Flu yang Wajib Bunda Tahu

Sep 07, 2023 7:35pm

Ketika musim penghujan telah tiba biasanya berbagai penyakit mulai menyerang pada manusia, terlebih lagi anak-anak yang memiliki kekebalan tubuh lebih rendah daripada orang dewasa. Bunda bisa memberikan obat batuk dan flu untuk si kecil sebagai pengobatannya.

 

Namun, sebelum membahas tentang obatnya alangkah baiknya Bunda mengetahui gejala dari batuk dan flu ini. Mengingat batuk flu memiliki gejala yang berbeda dari flu. Penanganan akan menjadi tepat jika Bunda mengetahui gejalanya.

Gejala Batuk flu yang Wajib Bunda Tahu

 

Ketika si kecil mengalami batuk flu, maka sebagai seorang ibu harus mengetahui gejalanya agar bisa segera mengatasinya. Dengan melakukan tindakan yang tepat maka si kecil akan segera sembuh dan bermain dengan gembira lagi.

Adapun gejala batuk flu pada si kecil yaitu sebagai berikut:

 

  • Hidung tersumbat,
  • Bersin-bersin
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Nyeri dada
  • Demam
  • Hilang nafsu makan
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala

 

Sebenarnya gejala batuk flu pada si kecil berbeda dengan gejala penyakit flu. Namun, banyak orang tua yang tidak mengetahuinya, sehingga penanganannya menjadi kurang efektif.

 

Pada penyakit batuk flu gejala seperti sakit kepala, nyeri dada, nyerit otot, dan demam lebih jarang muncul dan lebih ringan jika dibandingkan dengan penyakit flu. 

Sementara pada penyakit batuk flu gejala yang sering muncul yaitu hidung tersumbat, bersin-bersin, dan sakit tenggorokan. Ketika gejala ini muncul maka Bunda harus segera mencari obat batuk dan flu untuk sikecil yang sesuai.

 

Obat Batuk dan Flu  untuk si kecil

Sebenarnya saat si kecil mengalami batuk flu Bunda bisa memberikan beberapa obat ataupun perawatan sendiri di rumah. Inilah cara yang bisa Bunda lakukan.

 

Berikan Madu untuk si kecil

Madu dipercaya bisa meredakan sakit tenggorokan dan batuk pada si kecil. Namun, dengan ketentuan madu ini diberikan ke sikecil yang usianya 1 tahun atau lebih. Madu juga dipercaya sebagai salah satu obat batuk dan flu untuk sikecil yang sering digunakan.

Bunda bisa memberikan madu kepada si kecil setengah sendok teh sebelum tidur. Selain itu, Bunda juga bisa mencampurkan dua sendok teh madu dengan perasan air lemon atau teh hangat.

Berikan Air Putih dan Minuman Hangat

Obat batuk dan flu untuk sikecil yang bisa Bunda berikan selanjutnya yaitu air putih dan minuman hangat.

jika Bunda memberikan air putih pada si kecil dapat mengencerkan dahak di saluran pernapasan. Air putih juga akan mencegah si kecil terkena dehidrasi, sehingga lebih cepat pulih.

Selain itu, Bunda juga bisa memberikan minuman hangat kepada si kecil yang sedang batuk flu agar gejalanya mereda. Air hangat juga akan membantu mengurangi sakit tenggorokan pada si kecil yang sedang batuk flu

 

Berikan Balsam Khusus Anak

Selain itu, Bunda juga bisa mengoleskan balsem khusus si kecil agar tubuh lebih hangat. Oleskan balsem pada leher, dada, dan punggung sikecil.

Mengoleskan balsem pada si kecil yang sedang batuk flu akan meringankan gejalanya karena tubuh lebih hangat, namun Bunda tidak boleh mengoleskan sampai lubang hidung ya.

 

Jika buah hati Bunda saat ini sedang mengalami batuk dan flu maka rekomendasi obat batuk dan flu untuk sikecil yang ampuh adalah anakonidin OBH yaitu sirup obat batuk dan flul dengan rasa strawberry yang disukai anak-anak. Meredakan batuk dan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, serta bersin.

 

Tentu saja obat ini tidak mengandung alkohol, sehingga lebih aman untuk anak-anak.

Tags:

Halaman