ARTIKEL

Anak Batuk Berdahak? Jangan Panik Bunda, Atasi dengan Cara Ini!

Jul 23, 2021 10:39am

Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak-anak, termasuk batuk berdahak. Saat anak mengalami batuk berdahak, biasanya lendir yang menempel di tenggorokan dapat mengganggu saluran pernapasan. Kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan hingga membuat nafsu makan si kecil berkurang. 

 

Meski demikian, sebaiknya Bunda tidak langsung panik. Atasi batuk berdahak pada anak dengan beberapa cara ini.

 1. Berikan Air Madu dan Lemon Hangat

Madu telah lama dipercaya dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Meski demikian, pemberian madu sebagai obat hanya boleh diberikan pada anak yang usianya di atas 1 tahun. 

 

Untuk meredakan batuk berdahak, Bunda bisa memberikan setengah sendok teh madu pada anak sebelum tidur. Agar lebih mudah mengonsumsinya, Bunda bisa mencampurkan segelas air hangat dengan 2 sendok teh madu dan air perasan lemon.

 

2. Berkumur dengan Larutan Air Garam

Bunda juga bisa meminta anak untuk berkumur dengan larutan air garam ketika ia mengalami batuk berdahak. Larutan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat flu dan batuk serta rasa nyeri yang ditimbulkan.

 

Caranya, siapkan segelas air hangat, tambahkan satu sendok teh garam, lalu aduk. Selanjutnya mintalah anak untuk berkumur dengan air garam sebanyak 2 kali sehari.

 

3. Manfaatkan Uap

Cara mengatasi batuk berdahak selanjutnya adalah dengan penguapan. Uap air panas membantu melegakan pernapasan sekaligus menghangatkan tubuh anak. Siapkan air panas dalam wadah dan mintalah anak untuk menghirup uap panasnya selama 10-15 menit. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih untuk menenangkan sistem tubuh anak.

 

4. Berikan Obat yang Tepat

Terakhir adalah memberikan obat batuk yang tepat. Pemberian obat batuk yang tepat dapat membantu anak lebih cepat sembuh dari sakitnya. Untuk mengatasi batuk berdahak, kami merekomendasikan AnaKonidin Mucolytic Expectorant.

 

AnaKonidin Mucolytic Expectorant merupakan sirup obat batuk dengan rasa blueberry mint untuk meredakan batuk berdahak pada anak. Mampu mengencerkan dahak pada saluran napas dan mempermudah pengeluaran dahak pada anak. Saat si kecil alami batuk berdahak, atasi dengan AnaKonidin Mucolytic Expectorant.  #BedaBatuknyaBedaAnakonidinnya.

Tags:

Halaman