ARTIKEL

Sekolah Online, 5 Hal yang Harus Disiapkan

Jun 02, 2020 9:10pm

Masih menghadapi pandemi akibat penyebaran virus corona, membuat banyak aktivitas dibatasi untuk dilakukan dalam kelompok besar dalam satu tempat secara bersamaan. Kiat-kiat yang dikenal dengan istilah physical distancing ini juga diterapkan hampir semua instansi Pendidikan demi memastikan setiap siswa bisa tetap belajar dengan aman dan sehat.

 

Itu sebabnya putra-putri Bunda melakukan sekolah online dari rumah dan tentunya akan ada banyak hal yang perlu Bunda siapkan agar proses belajar online ini dapat berjalan sebagaimana mestinya. Juga yang paling penting, jadi proses pembelajaran yang efektif bagi sang buah hati dalam memahami setiap materi pelajaran yang diberikan. Untuk itu, berikut lima hal yang harus disiapkan bagi si kecil.

 

Siapkan fasilitas yang dibutuhkan

Sekolah online berarti ada beberapa fasilitas yang mungkin sebelumnya tidak pernah digunakan, sekarang jadi sangat dibutuhkan sang buah hati. Seperti smartphone, tablet, atau laptop untuk terhubung dengan guru secara online, termasuk juga sambungan internet yang memadai agar tidak ada kendala selama proses belajar.

 

Bunda perlu memberikan perangkat yang paling sesuai untuk sang buah hati. Dalam kata lain, perangkat yang paling sesuai dengan usia sang anak dan mudah untuk ia operasikan sendiri dalam keadaan darurat. Siapkan juga ruang khusus bagi si kecil selama sekolah online ini berlangsung.

 

Sesuaikan jadwal dengan aktivitas rumah

Pastikan Bunda mengetahui serta memperhatikan jadwal sekolah online sang anak dengan seksama. Mengingat beberapa sekolah online berlangsung berbeda dengan jam sekolah pada umumnya demi mengatur kelompok pertemuan. Ini untuk membantu Bunda mempersiapkan sang buah hati setiap harinya saat akan melakukan belajar online.

 

Selain itu, ini juga berguna untuk menyesuaikan dengan aktivitas di rumah. Apalagi jika Bunda atau sang Ayah juga melakukan kerja dari rumah. Ini berarti akan butuh beberapa penyesuaian yang efektif agar bisa mengawasi sang buah hati belajar online sembari memastikan pekerjaan Bunda tetap selesai tepat waktu.

 

Buat ruang belajar senyaman mungkin

Seperti sudah disebutkan di atas, sebaiknya siapkan ruangan atau sudut khusus bagi si kecil agar dapat digunakan saat sekolah online dimulai. Ruang belajar ini sebaiknya dibuat menyerupai meja belajar di kelasnya agar sang buah hati merasa nyaman untuk belajar. Hindari melakukan belajar online dari tempat tidur karena si kecil bisa saja jadi mudah mengantuk.

 

Pertimbangkan cahaya yang masuk pada ruangan tersebut, apakah sambungan jikalau perangkat belajar sang buah hati butuh untuk diisi ulang. Sirkulasi udara di ruangan juga perlu dipertimbangkan agar anak tidak merasa pengap selama belajar.

 

Kenalkan anak dengan perangkat belajar

Jangan sampai Bunda lupa kalau beberapa anak tidak begitu akrab dengan perangkat belajar lengkap dengan fitur-fitur teknologinya. Jadi, luangkan waktu untuk mengajarkan sang buah hati terkait hal-hal dasar yang perlu ia ketahui saat mengoperasikan perangkat tersebut. Apa saja yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh ia lakukan.

Beri tahu beberapa fungsi penting, seperti bagaimana berkomunikasi dengan sang guru melalui pesan singkat atau menggunakan fitur video conference tersebut. Jika koneksi terputus, apa yang harus si kecil lakukan juga perlu diberitahu. Bunda tidak bisa setiap saat menemani sang buah hati saat sekolah online dimulai.

 

Terapkan aturan belajar online bersama

Jika pihak sekolah memberikan informasi terkait peraturan khusus selama belajar online dilakukan, tidak ada salahnya untuk menceritakan hal tersebut juga pada si kecil agar ia paham Jangan ragu untuk memberikan si kecil tanggung jawab baru, Bunda. Selain itu, Bunda juga perlu menyepakati peraturan bersama si kecil.

 

Seperti saat di mana si kecil butuh bantuan, apa yang harus dilakukan. Meminta ijin pada sang guru untuk memanggil Bunda semisal. Pastikan sang buah hati paham dengan betul. Walau sekalipun sekolah online, namun ada beberapa hal yang tidak berubah. Ssang buah hati harus tetap menghormati dan meminta izin jika ingin melakukan sesuatu di luar kegiatan belajar kepada sang guru.

 

Dengan persiapan yang memadai seperti ini, harapannya adalah agar sang buah hati dapat melalui masa-masa sekolah online dengan baik tanpa kendala berarti. Sehingga, ia bisa tetap tumbuh menjadi anak yang cerdas dan mengikuti semua proses pendidikan dengan baik.

 

Meta desc   : PSBB diteruskan, sekolah online akan terus berlanjut. Pastikan Anda mempersiapkan persiapan yang dibutuhkan si kecil untuk belajar secara virtual.

References :

https://tirto.id/tips-belajar-online-jarak-jauh-selama-penyebaran-corona-covid-19-eFJL

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4952665/bingung-cara-belajar-online-di-rumah-yuk-intip-tips-berikut-ini

 

Tags:

Halaman