ARTIKEL

Redakan Demam Saat si Kecil Sakit Gigi

Sep 07, 2023 7:11pm

Menurunkan demam pada anak tidak boleh kita lakukan secara sembarangan. Apalagi bila anak terhitung masih dalam usia balita (bayi). Biasanya demam akibat dari sakit gigi akan membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga membuatnya lebih rewel dan membuat tidurnya menjadi tidak nyaman.

Demam karena sakit gigi ini salah satunya juga bisa dipengaruhi oleh tumbuhnya gigi pada si kecil. Meskipun akan reda pada waktunya namun tetap perlu perlakuan tertentu untuk membantu menurunkan demam pada anak. 

Menurunkan demam pada anak yang sakit gigi terutama ketika sedang tumbuh gigi memerlukan beberapa penanganan. Sebenarnya tidak begitu sulit jika memang penyebab utamanya adalah karena tumbuh gigi. 

cara berikut ini bisa bunda terapkan apabila  si kecil sedang demam karena tumbuh gigi.

  • Berikan Asupan ASI yang Cukup

Langkah pertama jika si kecil panas tinggi terutama pada si kecil yang masih mengkonsumsi ASI maka bisa bunda berikan asupan ASI lebih banyak dari biasanya. Peningkatan suhu yang terjadi pada si kecil yang demam membutuhkan cairan yang banyak.

Namun kendalanya adalah biasanya si kecil sedikit susah dan cenderung menolak menyusu. Maka bunda tidak perlu memaksanya. Bisa disiasati dengan memberikan ASI dengan sering walaupun dalam jumlah sedikit. 

Karena dengan asupan ASI yang cukup dapat membantu meredakan demam pada si kecil. Jika ASI yang ibu produksi ternyata kurang mencukupi, bisa lakukan treatment untuk memperbanyak ASI. Sebagai tambahan selain ASI, bunda juga bisa memberikan cairan lain berupa jus buah, air jeruk maupun kuah sayur.

  • Berikan Situasi yang Membuat si kecil Merasa Nyaman

Cara menurunkan demam pada anak selanjutnya yaitu berusaha sebisa mungkin membuat  si kecil merasa nyaman. Karena ketika demam si kecil akan merasa kurang nyaman, oleh karena itu sering rewel. Bunda bisa lakukan dengan memijatnya secara lembut maupun memandikannya dengan air hangat. Hal-hal kecil seperti itu akan membuat  si kecil lebih merasa nyaman. 

Kemudian sebaiknya hindari penggunaan pakaian yang tebal, begitu juga dengan selimut. Sebab hal tersebut akan membuat peningkatan panas tubuhnya kian tinggi. 

Gunakan pakaian yang nyaman dan lebih tipis serta longgar agar panasnya menurun. Lalu berikan cukup waktu untuk istirahat pada si kecil yang demam.

  • Aturlah Suhu Ruangan

Walaupun suhu badan si kecil meningkat, tidak berarti ia harus ada di tempat yang hangat ataupun di tempat yang dingin. Sebaiknya bunda tetap mengatur suhu ruangan pada keadaan sejuk yaitu sekitar 18 hingga 23 derajat celcius. Kisaran itu bisa membuat sang si kecil merasa lebih nyaman. Selain itu juga mengurangi rewel.

  • Memberikan Teether Dingin

Sakit gigi mengakibatkan demam yang tidak nyaman bagi si kecil sebab peradangan di gusinya. bunda bisa membantu meminimalisir rasa sakitnya dengan memberikan teether dingin. 

Tetapi ada beberapa hal yang harus bunda ketahui. Teether yang diberikan tidak boleh terlalu dingin atau beku. Karena akan semakin membuat gusi sakit serta gatal. Kemudian pastikan theater tidak rusak atau bocor.

  • Berikan Obat Penurun Demam

Jika cara-cara menurunkan demam pada anak di atas masih belum bisa membantu, maka ada pilihan terakhir yaitu dengan memberikan obat penurun demam yaitu Termorex Baby. Termorex Baby adalah obat rasa jeruk untuk meringankan rasa sakit dan menurunkan demam yang terjadi pada bayi dan anak-anak yang tentunya tanpa mengandung alkohol sehingga aman untuk bayi dan anak.

Tags:

Halaman