ARTIKEL

Penyebab Taeniasis, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Aug 02, 2024 12:17am

Taeniasis atau infeksi cacing pita adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing pita jenis Taenia. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari orang tua sampai anak-anak. Cacing pita berukuran cukup besar, yaitu bisa mencapai 4-25 meter dan dapat bertahan hidup sampai 30 tahun di dalam usus manusia.

Lantas, apa penyebab taeniasis? bagaimana gejala dan cara mencegahnya? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya!

Apa Itu Taeniasis?
Dilansir dari laman Healthline, Taeniasis adalah infeksi cacing pita usus yang biasanya disebabkan oleh konsumsi daging yang terkontaminasi parasit tersebut. Spesies cacing pita yang paling banyak tersebar adalah cacing pita babi (Taenia solium) dan cacing pita sapi (Taenia saginata).

Cacing pita Taenia solium memiliki panjang sekitar 2-4 meter. Sementara, cacing pita Taenia saginata dewasa memiliki panjang 4-12 meter, namun bisa tumbuh sepanjang 25 meter. Infeksinya biasa terjadi di wilayah peternakan di daerah tropis dan subtropis.

Gejala Taeniasis
Gejala taeniasis biasanya mulai dirasakan sekitar 8-14 minggu sejak pertama kali parasit menginfeksi tubuh. Gejalanya bisa saja berbeda untuk setiap orang. Beberapa menunjukkan gejala yang sangat ringan, di antaranya:

  • Diare
  • Sakit perut
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan menurun
  • Masalah pencernaan

Dalam kasus yang lebih parah, taeniasis dapat menyebabkan insomnia, radang usus buntu, dan penyumbatan usus. Namun, kasus tersebut sangat jarang terjadi jika diatasi dengan benar.

Cara Mengobati Taeniasis
Untuk mencegah dan mengatasi infeksi cacing pada anak, jangan lupa juga untuk rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali berbarengan dengan seluruh anggota keluarga termasuk asisten rumah tangga karena, resiko cacingan tidak hanya pada anak saja tapi orang dewasa juga. Konvermex mengandung bahan aktif Pyrantel Pamoate yang dapat melumpuhkan dan menghancurkan cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa memerlukan pencahar.

Konvermex tersedia dalam 2 sediaan yaitu suspensi dan tablet/kaplet lho jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalau kamu tidak bisa minum tablet/kaplet, bisa minum yang sediaan suspensi. #AyoSalingJaga seluruh anggota keluarga dari cacingan dan menjadi #KeluargaBebasCacingan.

Bunda bisa beli Konvermex, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex estore, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Cara Mencegah Taeniasis
Jika sudah menginfeksi tubuh, cacingan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Maka dari itu, taeniasis dapat dicegah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Memasak daging hingga matang
  • Mencuci daging dan bahan makanan sebelum dimasak
  • Hindari konsumsi daging mentah atau setengah matang
  • Menjaga kebersihan lingkungan rumah
  • Memperhatikan kebersihan tempat si kecil bermain saat di luar rumah
  • Menjaga kebersihan sanitasi
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta sebelum dan sesudah menggunakan toilet


Taeniasis sebenarnya dipicu oleh makanan dan lingkungan yang tidak bersih. Maka dari itu, orang tua perlu memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi si kecil dan seluruh keluarga. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan Konvermex pada si kecil untuk mengurangi risiko kontaminasi telur cacing pita, ya.

BACA JUGA: 5 Penyebab Cacingan pada Anak yang Sering Tidak Disadari

Tags:

Halaman