ARTIKEL

Menjaga Kesehatan Anak Usia Balita, Susah-susah Gampang!

Dec 10, 2019 11:22am

Usia 1-2 tahun merupakan tahap yang rentan bagi balita. Segala makanan maupun nutrisi diserap dan dapat mempengaruhi perkembangan mereka. Pada tahap ini, balita juga sangat aktif mengeksplorasi hal-hal di sekelilingnya. Balita sudah mulai berjalan, bermain, dan memegang banyak barang.

Anak pada tahap ini tidak kenal lelah dan selalu penasaran atas hal-hal baru yang terjadi di sekelilingnya. Maka dari itu, orang tua harus memberikan perhatian ekstra terhadap tumbuh kembang anak. Salah satu usaha yang bisa dilakukan orang tua ada menerapkan gaya hidup sehat pada anak.

Apa sih cara-cara untuk menjaga kesehatan anak usia balita? Yuk ikuti tips-tips menjaga kesehatan anak di bawah ini!

Jaga makanan sehari-hari sang anak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anak akan mengalami rasa penasaran yang jauh lebih tinggi pada tahap ini. Anak akan lebih aktif dalam mengeksplorasi hal-hal di sekelilingnya. Apabila melihat makanan baru, anak juga akan tertarik untuk memakannya.

Orang tua akan lebih tergoda untuk memberikan makanan tersebut untuk mencegah anak sedih dan menangis. Padahal, tidak semua makanan aman dikonsumsi balita. Malahan ada beberapa makanan yang memang disarankan untuk tidak dimakan oleh balita. Makanan tertentu akan membuat balita tersedak.

Oleh karena itu, orang tua harus memastikan ukuran dan kelembutan makanan cocok untuk balita. Pastikan ukurannya kecil-kecil sehingga lebih mudah dikonsumsi. Makanan pun harus lembut agar balita tidak tersedak. Hindarilah memberikan makanan yang bertekstur keras seperti permen, kacang, dan lain-lain. Marshmallow dan karet juga memiliki tendensi tersangkut pada tenggorokan anak.

Jaga pola tidur anak

Tidur yang cukup merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh anak. Dengan tidur yang cukup, anak akan lebih susah terserang penyakit, membantu tumbuh kembang anak, serta meningkatkan daya ingat dan daya pikir anak. Begitu juga sebaliknya, anak yang kekurangan waktu tidur akan lebih mudah terserang penyakit.

Balita membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari orang dewasa. Waktu tidur yang dibutuhkan anak usia 1 hingga 3 tahun adalah 11 sampai 14 jam dalam sehari. Pastikan anak mendapatkan tidur siang dan tidak tidur terlalu malam.

Jaga kebersihan anak

Kebersihan anak patut untuk dijaga. Lingkungan atau tubuh yang tidak bersih dapat memudahkan anak untuk terserang penyakit. Berbagai macam penyakit dapat menyerang balita hanya karena lingkungan yang tidak bersih. Penyakit-penyakit tersebut adalah flu, infeksi kulit, infeksi saluran pernapasan, konjungtivitis, hingga diare.

Bagi Bunda yang belum tahu, konjungtivitis adalah kondisi mata merah akibat peradangan pada selaput kelopak mata bagian dalam dan permukaan bola mata. Biasanya, konjungtivitis ditandai dengan gejala mata yang terasa gatal dan mata berair.

Nah, untuk menjaga kebersihan anak, pastikan tangan dan kaki pasti dicuci sebelum tidur. Pola kebiasan mencuci tangan juga harus diterapkan sejak dini. Anak disarankan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas di luar.

Bermain dan berolahraga

Anak-anak pasti memiliki keinginan untuk terus bermain. Orang tua dapat mengakali anak untuk mau berolahraga dengan cara mencampur kegiatan bermain dan berolahraga menjadi satu. Berolahraga dapat mengurangi risiko anak terkena penyakit dan membantu tubuh anak menjadi lebih sehat. Selain itu, olahraga melatih tubuh anak agar memiliki koordinasi yang baik.

Saat aktif bergerak, tentunya berbagai jaringan tubuh anak dapat menyerap nutrisi dengan maksimal. Jaringan yang dimaksud adalah jaringan otot, persendian, dan tulang. Saat jaringan-jaringan ini memiliki nutrisi cukup, maka daya tahan tubuh anak akan meningkat.

Orang tua dapat mengajak anak berenang secara rutin atau melakukan permainan petak umpet dengan sang buah hati. Dengan mencampur bermain dan berolahraga, tentunya anak akan lebih senang dan sehat secara bersamaan.

 

Di atas adalah 4 tips untuk menjaga kesehatan anak. Memang menjaga kesehatan anak itu gampang-gampang susah, ya. Semoga cara-cara di atas dapat membantu para orang tua untuk menjaga kesehatan si Kecil. Selamat mencoba!

Tags:

Halaman