ARTIKEL

Mengapa Anak Perlu Wisata Edukasi? Inilah Alasannya!

Jul 25, 2019 6:55pm

Tidak sekadar jalan-jalan dan mengikuti serangkaian aktivitas outdoor maupun indoor, selama mengikuti kegiatan wisata edukasi anak - anak dapat mengembangkan ilmu dan pengetahuannya secara maksimal. Meski biasanya diselenggarakan oleh sekolah, Bunda tetap bisa mengajak si kecil melakukan kegiatan ini selama liburan. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk wisata edukasi sendiri antara lain perkebunan, taman safari, maupun tempat penangkaran satwa langka.

Selain tentu menjadi sarana rekreasi, wisata edukasi juga penting diberikan untuk si kecil. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan, ya? Bunda perlu mencari tahu jawabannya di artikel berikut ini. Simak, yuk!

 

Menciptakan kedekatan dengan keluarga

Meluangkan waktu bersama dengan orang tua dan saudara - saudara lainnya mampu menciptakan kedekatan hubungan si kecil dengan keluarganya. Alih - alih mengajaknya berbelanja ke mal, Bunda bisa menghabiskan waktu libur sekolah dengan mengajak si kecil mengunjungi tempat-tempat wisata edukasi terdekat. Berlibur sambil belajar dan bermain bersama seluruh anggota keluarga tentu mampu membuat anak-anak merasa lebih senang.

 

Memberikan pengalaman baru

Ada banyak macam kegiatan yang ditawarkan oleh tempat wisata edukasi, misalnya menanam bibit tanaman, membatik, hingga memberi makan binatang. Dengan memfasilitasi si kecil terhadap hal-hal baru dalam hidupnya, secara tidak langsung Bunda telah memberikan pengalaman baru untuk si kecil. Pengalaman inilah yang nantinya dapat membuka pandangan hingga cara berpikir si kecil menjadi lebih terbuka terhadap orang - orang dan lingkungan yang ada di sekitarnya.

 

Melatih kemampuan adaptasi dan sosialisasi

Manfaat wisata edukasi untuk si kecil juga bisa didapatkan dari kemampuan adaptasi dan sosialisasi yang dimiliki. Ketika berada di lingkungan baru dengan orang-orang baru, tentu akan terjadi interaksi yang dilakukan oleh si kecil. Kondisi ini secara langsung juga dapat mengasah kemampuan bahasa yang dimiliki, sehingga ia lebih banyak mendapat perbendaharaan kata. Si kecil pun percaya diri untuk menghadapi situasi dan kondisi yang berlangsung di dekatnya.

 

Meningkatkan rasa ingin tahu

Selama masa tumbuh kembangnya, si kecil membutuhkan stimulus yang baik dari kedua orang tua juga lingkungan di sekelilingnya. Nah, melalui kegiatan edukasi ini, anak-anak akan menemukan banyak hal baru yang kemudian akan membuatnya ingin tahu. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul tentu membutuhkan jawaban logis, sehingga pengetahuan dalam dirinya pun dapat bertambah. Jadi, sebaiknya Bunda dan Ayah tidak menjawab dengan asal-asalan ya terhadap pertanyaan yang muncul dari si kecil.

 

Menimbulkan rasa syukur

Tempat wisata edukasi yang dekat dengan alam sering kali membuat anak-anak terpesona. Didukung dengan pemandangan alam yang indah serta suasana menenangkan, inilah saat yang tepat untuk mengajarkan rasa syukur atas apa yang telah diciptakan Tuhan untuk seluruh makhluk hidup di dunia. Berbekal rasa syukur inilah si kecil dapat termotivasi untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Tidak hanya dalam waktu dekat, tetapi juga hingga saat ia tumbuh dewasa kelak.

 

Melihat pentingnya wisata edukasi untuk anak, mulai saat ini Bunda perlu mempertimbangkannya bersama Ayah. Masa kecil anak-anak yang diisi dengan kegiatan bermanfaat tentu menjadi bekal penting yang berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Jangan khawatir, Indonesia punya banyak objek wisata edukasi yang terbaik dan ramah anak. Mulai dari Kebun Raya Bogor, Taman Safari Indonesia, hingga tempat penangkaran penyu di kawasan Tanjung Benoa, Bali dan banyak lagi mungkin di kota / desa terdekat dengan kita.

Jadi, kapan Bunda dan Ayah akan mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan wisata edukasi bersama-sama?

 

Tags:

Halaman

Artikel Terkait