ARTIKEL

Mengajarkan Si Kecil untuk Menjaga Kebersihan Diri

Feb 27, 2017 4:23pm

 

Bunda daoat menjelaskan dengan bahasa yang ringan sehingga si kecil mudah mengerti. Bila perlu, Bunda dapat menggunakan alat yang memudahkan si kecil membayangkan perjalanan kuman yang dapat mengakibatkan penyakit apabila tidak membersihkan diri. Seperti gambar yang kita gambar atau mungkin Bunda dapat peroleh dari internet, akan sangat memudahkan si kecil berimajinasi lho, Bunda. Karena apabila si kecil mengerti, ia akan dengan mudah menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang kita ajarkan sejak dini. Dimulai dari bagaimana kuman dari tanah atau dari mana saja dapat ikut masuk ke tubuh kita apabila kita tidak mencuci tangan sebelum makan. Kuman-kuman yang tidak terlihat dapat memasuki tubuh kita sehingga mengalir dengan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit yang sering terjadi yaitu penyakit pencernaan. Bunda dapat menjelaskan dengan ringan yang akan terjadi apabila kita terkena penyakit pencernaan, bagaimana kita akan merasakan tidak nyaman di perut, demam, sehingga membuat kita tidak dapat beraktivitas seperti belajar atau bermain. Biasanya si kecil akan mudah mengerti apabila Bunda menjelaskan bagaimana tidak enaknya apabila tidak bisa beraktiviras khususnya bermain.

 

Kebiasaan-kebiasaan kecil sejak dini juga dapat menjadi pencegahaan terkena berbagai penyakit khususnya bagi si kecil. Bunda tentu tidak bisa terus-terusan melihat benda apa saja yang dipegang si kecil. Hal ini merupakan hal yang wajar karena rasa ingin tahu yang besar si kecil sehingga sering kali mudah memegang hal-hal yang kotor seperti lantai dan lainnya. Kebiasaan kecil seperti mencuci tangan sebelum makan, atau mencuci tangan sesampainya di rumah setelah beraktivitas di luar, dapat Bunda terapkan sejak dini. Tentunya Bunda dapat melakukan cuci tangan bersama si kecil sambil mengajarkan juga bagaimana cuci tangan yang baik agar kuman tidak tertinggal di tangan. Bunda dapat memberi contoh dengan melakukan cuci tangan sambil bernyanyi agar menyenangkan bagi si kecil. Bagaimana Bunda membersihkan sela-sela jari dan kuku-kuku jari tangan merupakan bagian yang penting dalam mencuci tangan.

 

Kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau mencuci tangan dan kaki sebelum masuk rumah setelah beraktivitas di luar dapat menjadi pencegah agar si kecil tidak terkena penyakit. Hal ini mengajarkan si kecil untuk selalu menjaga kebersihan diri tidak hanya setelah bermain kotor-kotoran, namun juga setelah beraktivitas sehari-hari. Bunda dapat memberi contoh juga, agar si kecil terbiasa sejak dini. Mengajarkan kebersihan diri sejak dini dapat dilakukan dengan menyenangkan kok, Bunda, baik untuk kita maupun untuk si kecil kesayangan!

Tags:

Halaman