ARTIKEL

Main Hujan Memang Seru! Bunda Bisa Lakukan Ini untuk Cegah Anak Sakit Setelah Kehujanan

Jan 17, 2022 9:22am

Apa yang akan Bunda lakukan saat si kecil sangat ingin bermain hujan-hujanan? Apakah membiarkannya bermain hujan atau malah melarang dan memintanya berdiam diri di dalam rumah?

Sebenarnya Bunda, tidak ada salahnya membiarkan anak sesekali bermain hujan. Tanpa Bunda sadari, bermain hujan justru memberikan manfaat untuk anak di antaranya sebagai berikut:

  • Merangsang kreativitas anak
  • Stimulasi kemampuan motorik anak
  • Mengajarkan pengetahuan alam pada anak

Meski begitu, Bunda tetap perlu melakukan penanganan setelah anak selesai main hujan agar tidak jatuh sakit. Segera lakukan beberapa langkah ini untuk mencegah anak sakit setelah kehujanan:

  1. Segera Mandi dan Keramas

Segera lepas pakaian si kecil yang basah dan mintalah ia untuk mandi. Air hujan membawa virus dan bakteri yang turut menempel di pakaian anak setelah main hujan. Mandi atau bilas dengan air bersih setelah kehujanan turut menetralkan zat asam yang juga terkandung dalam  air hujan.

Bunda bisa memandikan si kecil dengan air hangat untuk membuat suhu tubuh anak kembali normal setelah kehujanan. Bilas juga rambut anak agar virus dan bakteri yang menempel hilang terbawa air. Tapi jangan terlalu lama ya, Bund. Cukup mandi air hangat selama 10-15 menit saja agar kulit tubuh anak tidak kering.

  1. Keringkan Tubuh dan Ganti dengan Baju Kering

Keringkan segera tubuh anak setelah mandi dan berikan si kecil pakaian yang kering. Jangan lupa juga untuk segera mengeringkan rambut si kecil agar suhu tubuhnya tidak kembali menurun. Rambut yang masih basah akan membuat baju yang dipakai si kecil basah dan membuatnya merasa pusing dan kedinginan.

  1. Gunakan Baju Hangat atau Selimut

Tidak hanya suhu tubuh anak yang menurun setelah kehujanan, suhu ruangan juga akan menurun saat hujan turun. Berikan anak baju yang cukup hangat atau selimut untuk mencegahnya kedinginan. Pakaian yang hangat dan selimut membantu mencegah anak sakit setelah kehujanan.

  1. Konsumsi Makanan Hangat

Setelah mandi dan memakai pakaian hangat, berikan anak makanan dan minuman hangat agar tubuhnya merasa nyaman. Bunda bisa memberikannya sup ayam yang masih hangat atau teh hangat yang dicampur madu dan lemon untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Vitamin C dalam madu dan lemon membantu meningkatkan sistem imun anak sehingga ia tidak mudah sakit.

  1. Konsumsi Vitamin

Penuhi juga kebutuhan nutrisi anak untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Bunda bisa memberikan suplemen vitamin agar anak tidak mudah jatuh sakit. Beberapa vitamin yang direkomendasikan untuk menjaga daya tahan tubuh anak seperti:

  • Vitamin A, C, dan E
  • Vitamin B Kompleks
  • Zat besi
  • Serat, probiotik dan prebiotic
  • Zink

Walaupun bermain hujan sesekali itu baik, bermain hujan juga bisa meningkatkan resiko si kecil sakit, sediakan selalu obat-obatan di rumah sebagai pertolongan pertama saat anggota keluarga jatuh sakit. Bunda bisa mendapatkan obat penurun panas anak serta obat-obatan terpercaya lainnya di Konimex Store.

Tags:

Halaman