ARTIKEL

Kejang Demam Bisa Ganggu Kecerdasan Anak? Atasi dengan Ini Bun

May 24, 2021 10:15am

Demam merupakan salah satu gejala tubuh terserang penyakit. Demam seringkali menyerang anak. Pada sebagian anak, demam dapat disertai dengan kejang. Kondisi ini dikenal dengan kejang demam, Bunda.

 

Kejang demam biasa dialami anak dengan rentan usia 5 bulan hingga 5 tahun. Belum diketahui secara pasti penyebab kejang demam pada anak. Namun kondisi ini berkaitan dengan kenaikan suhu tubuh yang sangat cepat dan kemampuan tubuh si kecil beradaptasi terhadap kenaikan suhu tersebut.

 

Jika si kecil mengalami kejang demam, Bunda sebaiknya tetap bersikap tenang dan tidak panik. Lakukan beberapa hal ini saat mengetahui si kecil mengalami kejang demam:

 

Baringkan Anak dalam Posisi Miring

Posisikan anak dalam keadaan miring. Hal ini bertujuan agar cairan yang keluar dari mulut tidak masuk lagi ke dalam tubuh yang berisiko membuat anak mengalami tersedak. Posisikan salah satu lengan berada di bawah kepalanya. Longgarkan pakaiannya, terutama di bagian leher.

 

Jangan Masukkan Benda Apapun ke dalam Mulut

Perhatikan kondisi anak ketika mengalami kejang demam. Jangan memasukkan benda apapun ke dalam mulut anak, termasuk minuman atau obat-obatan. Jika ada benda di dalam mulutnya, segera keluarkan agar tidak tersedak. 

 

Jangan Menahan Gerak Anak

Hindari menahan gerakan kejang anak, Bunda. Sebaiknya letakkan anak di tempat yang datar seperti pada karpet di lantai. Serta tempat yang luas, jauh dari benda-benda yang dapat membuat anak terbentur. 

 

Berikan Obat Penurun Demam

Perhatikan kondisi anak ketika kejang. Periksa apakah demam anak sudah turun. Jika demamnya mulai turun, Bunda bisa melakukan self medication, seperti mengompres, memakaikan baju yang tipis, mengondisikan ruangan dalam keadaan sejuk, dan berikan obat penurun panas.

 

Bunda bisa memberikan obat penurun panas yang telah dipercaya sejak turun temurun yaitu Termorex. Termorex dari Konimex ini merupakan sirup penurun panas tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak. Efektif membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak, termasuk setelah imunisasi, ketika sakit kepala dan sakit gigi.

 

Bunda dapatkan Termorex di official store Konimex di Shopee dan Tokopedia, Konimex E-Store, dan apotek terdekat dari rumah Bunda. 

 

Bawa ke Dokter

Amati dan perhatikan kondisi kejang demam pada anak. Kondisi ini biasanya terjadi selama 5 menit dan akan mereda. Tapi jika berlangsung lebih dari 5 menit, disertai dengan kondisi tubuh anak yang kesulitan bernapas dan wajah pucat, ini menandakan anak kekurangan oksigen dan membutuhkan penanganan medis secepatnya.

Tags:

Halaman