ARTIKEL

Anak Rewel Saat Alami Demam, Ada Tips untuk Menenangkannya, Bun!

Dec 17, 2021 10:07am

Suhu tubuh yang tinggi saat demam membuat anak jadi lebih mudah rewel. Anak akan menangis terus-terusan serta tidak mau menyantap makanannya atau bahkan ogah minum. Duh, ada banyak drama pastinya saat si kecil demam ya, Bund.

Namun tahukah Bunda, ada beberapa cara jitu menenangkan si kecil yang sedang demam. Beberapa tips ini bisa Bunda coba lakukan untuk menenangkan anak yang rewel saat demam:

Tenangkan anak dengan pelukan

Pelukan hangat Bunda jadi cara jitu menenangkan si kecil yang rewel saat demam. Anak akan merasa lebih tenang dan nyaman saat berada di pelukan Bunda dan orang terdekatnya. Pada bayi yang mengalami demam, memeluknya dengan metode skin-to-skin tidak hanya membantu menenangkan anak tapi juga meredakan demamnya.

Taruh mainan favorit anak di dekatnya

Alihkan perhatian anak dari demam yang sedang dirasakannya dengan mainan kesukaannya. Letakkan mainan favorit anak di dekatnya. Ajak si kecil bermain sambil berbicara dengannya. Bunda bisa meminta si kecil bercerita tentang mainan favoritnya untuk mengalihkan perhatian.

Bacakan dongeng untuk anak

Selain bermain bersama, Bunda juga bisa membacakan dongeng untuk mengalihkan perhatiannya dari demam. Membacakan dongeng membantu anak mengalihkan perhatian dari rasa sakit yang sedang ia rasakan. Membacakan cerita juga punya banyak manfaat untuk anak, seperti membantu optimalkan perkembangan bahasa, memori, proses berpikir, serta memperkuat bonding antara Bunda dan si kecil.

Berikan makanan dan minuman yang membuatnya nyaman

Tubuh lebih mudah kehilangan cairan saat demam. Jadi, pastikan kebutuhan cairan anak tercukup agar terhindar dari dehidrasi ya, Bunda. Berikan si kecil minum yang lebih banyak untuk menjaga cairan tubuhnya. Jika si kecil merasa bosan, Bunda juga bisa memberikannya makanan dan minuman kesukaan yang membuatnya nyaman.

Jangan lupa untuk memberikan pertolongan pertama saat anak demam seperti menjaga suhu ruangan, memakaikannya pakaian tipis, menggunakan plester demam untuk anak dan memberikannya obat penurun panas bila diperlukan. Pastikan Bunda selalu sedia obat penurun panas untuk meredakan demam pada bayi dan anak di rumah. Pilih obat penurun panas yang mengandung paracetamol dan tanpa alkohol. Bunda dapat menemukan obat penurun panas bayi dan anak berkualitas dan terpercaya di Konimex Store.

Tags:

Halaman