ARTIKEL

Jangan Panik Saat Anak Demam, Lakukan 5 Pertolongan Pertama Ini!

Dec 24, 2021 10:59am

Hindari rasa cemas dan segera berikan pertolongan pertama saat anak demam. Kebanyakan demam pada anak tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun rasa cemas berlebih terkadang membuat orang tua panik sehingga lamban menangani demam anak.

Sebenarnya Bund, demam merupakan reaksi alami tubuh melawan infeksi virus, bakteri, dan parasit. Penanganan yang tepat sangat membantu anak terhindari dari risiko komplikasi akibat demam. Berikut ini 5 cara pertolongan pertama saat anak demam yang bisa Bunda lakukan di rumah:

  1. Memastikan anak terhidrasi

Saat demam, anak cenderung kehilangan selera makan dan minum. Padahal, suhu tubuh yang tinggi turut membuat cairan cepat menghilang dalam tubuh. Apalagi jika demam yang dialami si kecil disertai muntah dan diare. Oleh karena itu, anak membutuhkan asupan cairan lebih saat demam.

Pastikan anak tetap terhidrasi saat demam. Cukupi asupan cairan si kecil dengan memberikannya air putih atau minuman hangat. Jika anak enggan minum air putih, Bunda dapat memberikannya buah-buahan yang mengandung banyak air atau sup hangat.

  1. Membuat suhu kamar nyaman

Buatlah suhu ruangan atau kamar tetap sejuk dan nyaman untuk anak. Nyalakan pendingin ruangan dengan suhu yang tidak terlalu dingin atau kipas angin dengan kecepatan rendah. Hindari mengarahkan kipas angin atau pendingin ruangan langsung ke tubuh anak. Jika anak merasa kedinginan, Bunda bisa memberikannya selimut tipis dan matikan kipas angin atau AC.

  1. Mengompres dahi anak dengan plester kompres demam

Kompres dahi anak untuk menurunkan demam. Agar lebih praktis, Bunda dapat mengompres dari anak dengan Termorex Patch, terbuat dari hidrogel yang mengandung Menthol, yang mudah menembus lapisan kulit dengan baik, sehingga meningkatkan efek pendinginan dan penurunan suhu tubuh dan tahan sampai 8 jam.

Selain aman dan praktis digunakan untuk bayi dan anak, Termorex Patch juga lembut di kulit dan aman digunakan bersama dengan sirup penurun panas bayi dan anak. Termorex Patch juga membantu meredakan sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri otot.

  1. Memberikan obat penurun panas

Bila diperlukan, berikan anak obat penurun panas untuk meredakan demamnya. Namun pastikan Bunda memberikan obat sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan obat. Hindari memberikan anak obat penurun panas dosis orang dewasa untuk meminimalisir risiko kesehatan yang lebih parah. Pilih obat penurun panas yang mengandung paracetamol dan tanpa alkohol. 

  1. Memakaikan pakaian yang nyaman

Hindari memakaikan si kecil pakaian tebal saat demam. Hal ini malah akan membuat panas tubuhnya sulit keluar dan demam sulit mereda. Pilihlah baju dengan bahan yang nyaman dan tipis serta dapat menyerap keringat. Segera ganti pakaiannya jika basah akibat berkeringat.

Itulah tadi 5 pertolongan pertama saat anak demam yang bisa Bunda lakukan di rumah. Selalu sedia obat penurun panas dan plester kompres demam sebagai pertolongan pertama saat anak demam. Bunda bisa menemukan obat penurun panas berkualitas di Konimex Store.

 

Tags:

Halaman