ARTIKEL

Hindari Anak Terjangkit Cacingan di Bulan Puasa, Ada Caranya Bund!

May 01, 2022 11:46am

Saat bulan puasa, banyak orang tua yang memperhatikan asupan gizi pada menu sahur dan buka puasa keluarga. Apalagi jika anak baru pertama kali belajar puasa, segala cara akan dilakukan agar anak bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih mudah dan senang. Tapi Bunda, pernah terpikir tidak jika di bulan puasa pun ada ancaman cacing yang bisa menyerang si kecil, lho! Agar bebas dari cacingan, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan di bulan puasa ini!

 

  1. Cuci Bersih Bahan Makanan Sebelum Diolah

Terbatasnya waktu untuk menyiapkan menu sahur atau buka puasa bukan jadi alasan untuk melewatkan langkah mencuci bahan makanan sebelum diolah ya, Bunda! Meskipun terlihat bersih, tapi bisa saja bahan makanan mengandung telur cacing yang bisa menjadi penyebab cacingan. Cuci bersih bahan makanan dengan air mengalir. Kalau perlu, Bunda juga bisa mencuci buah dan sayur dengan sabun khusus pencuci bahan makanan yang sudah food grade.

 

  1. Hindari Membeli Takjil di Tempat yang Tidak Higienis

Godaan berbagai jajanan takjil menjelang buka puasa memang sering membuat Bunda "lapar mata". Meskipun terlihat enak, tapi jangan asal membeli takjil ya, Bunda. Perhatikan tempat dan kebersihan dari makanan atau minuman takjil yang akan dibeli. Hindari membeli makanan takjil yang dijual di pinggir jalan tanpa penutup karena makanan tersebut sangat mungkin menjadi tempat berkembangnya cacing, dihinggapi lalat penyebab penyakit dan sudah terkontaminasi debu jalanan, Bund.

 

  1. Selalu Ajarkan Anak Mencuci Tangan Sebelum Mengambil Makanan

Tangan menjadi media penyebaran telur cacing yang sering tidak disadari. Makanya, penting untuk mengajarkan anak mencuci tangan sebelum mengambil makanan. Biasanya karena sudah terlalu lapar, anak akan langsung mencomot makanan setelah Adzan Maghrib berkumandang. Pastikan anak dan seluruh anggota keluarga sudah mencuci tangan dengan sabun sebelum duduk di meja makan dan menunggu buka puasa ya, Bund.

 

  1. Gunakan Alas Kaki Saat Ngabuburit Bersama Anak

Anak paling senang menghabiskan waktu menjelang buka puasa dengan bermain. Mulai dari bermain di halaman rumah hingga jalan santai di sekitaran komplek rumah. Eits, jangan lupa untuk memastikan si kecil menggunakan alas kaki ya, Bunda. Telur cacing yang berada di tanah bisa menyelip ke dalam kuku kaki jika kita tidak menggunakan alas kaki, lho. Lalu sebelum masuk ke dalam rumah, cuci bersih kaki dengan sabun terlebih dahulu, ya.

 

Untuk menghindari cacingan, pastikan juga seluruh keluarga mengonsumsi obat cacing setidaknya 6 bulan sekali. Pilih obat cacing yang mengandung pyrantel pamoate yang dapat menghancurkan cacing tanpa bantuan obat pencahar. Bunda bisa beli obat berkualitas dan terpercaya di Toko obat atau Apotek terdekat ya.

Tags:

Halaman