ARTIKEL

Jangan Panik, Lakukan Ini untuk Pertolongan Pertama Saat Anak Demam

Mar 19, 2021 10:14pm

Orang tua tentu akan sangat khawatir ketika suhu tubuh anak naik. Dalam beberapa kasus, demam memang menjadi tanda pada penyakit-penyakit serius. Namun, perlu dipahami juga bahwa demam pada anak-anak itu sendiri tidak membahayakan. Bahkan, itu adalah salah satu cara tubuh melawan infeksi. 

 

Sayangnya, terdapat berbagai gejala lain yang ditimbulkan, mulai dari rewel, muncul rasa tidak nyaman, kulit memerah, hingga tubuh berkeringat. Nah, kalau Bunda bingung dengan apa yang harus dilakukan saat anak demam, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk anak demam:

 

Memastikan Anak Tetap Terhidrasi

Saat anak demam, pastikan Bunda segera menyiapkan air minum yang cukup untuk si kecil. Meminum air secara rutin dapat menurunkan suhu tubuh anak yang sedang naik karena demam. 

 

Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi juga sangat penting karena air dengan suhu sejuk dapat membuat tubuh mereka menjadi lebih tenang. Bunda juga bisa menambahkan perasan air lemon dan sedikit garam laut untuk menggantikan elektrolit yang hilang saat anak demam. 

 

Memberikan Kompres pada Dahi

Cara lain yang bagus untuk menurunkan demam anak adalah dengan meletakkan waslap dingin di pergelangan tangan, selangkangan atau dahi. Di bagian-bagian tubuh itulah pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit. Kompres ini akan membantu mendinginkan tubuh anak dan membuat mereka menjadi lebih tenang dan nyaman.

 

Memakaikan Si Kecil Pakaian Tipis yang Nyaman

Jangan pernah membundel anak dengan selimut atau pakaian ekstra, meskipun anak tampak meriang dan kedinginan. Ini dapat mencegah demamnya untuk turun, atau malah membuat demam yang dirasakannya lebih tinggi. Cobalah satu lapis pakaian tipis dan satu selimut tipis untuk tidur. Pastikan juga ruangan tempat ia beristirahat harus nyaman, tidak terlalu panas atau terlalu sejuk.

 

Menjaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk

Pastikan suhu ruangan tempat si kecil beristirahat cukup sejuk dan nyaman. Suhu yang direkomendasikan untuk anak yang sedang demam berkisar antara 22-23 celcius. Kamu juga harus mengenakan ia baju berbahan katun agar suhu tubuhnya dapat turun dengan lebih cepat.  

 

Terakhir, kamu juga bisa memberikannya obat penurun panas dan plester kompres demam untuk bisa mengurangi gejala demam dan rasa tidak nyaman yang dialami si kecil. Namun, pastikan kamu memberikan obat yang benar-benar sesuai dengan usia anak. 

 

Nah, Inzana merupakan obat demam anak berupa tablet kunyah. Obat ini dapat menurunkan demam serta pereda nyeri anak dengan kandungan Asam Asetilsalisilat. Para orang tua Indonesia sudah mempercayakan Inzana selama lebih dari 30 tahun sebagai obat penurun panas yang aman untuk anak. 

 

Sementara untuk plester kompres demam, kamu bisa mempercayakan pada Termorex Patch, plester kompres demam yang aman dan praktis untuk bayi dan anak. Termorex Patch sangat pas menjadi pertolongan pertama demam karena sigap untuk menurunkan demam si kecil, di mana saja dan kapan saja. Hydrogel pada Termorex Patch efektif serap panas, dan tahan hingga 8 jam.

 

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan demam pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Tags:

Halaman