ARTIKEL

Cara Redakan Batuk dan Pilek Pada Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jun 24, 2022 8:20am

Batuk dan pilek jadi penyakit yang paling sering menyerang anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menginfeksi tubuh anak. Walau tak membahayakan, batuk pilek dapat mengganggu aktivitas anak serta mengurangi keceriaannya. Berikut ini beberapa cara meredakan batuk dan pilek pada anak yang bisa Bunda lakukan di rumah:

  1. Memberikan ASI untuk anak yang masih menyusu

Saat batuk dan pilek, anak lebih rentan terkena dehidrasi. Cukupi kebutuhan cairan anak, seperti memberikannya air putih hangat yang juga bermanfaat mengencerkan dahak dan melegakan pernapasan. Jika si kecil masih menyusu, Bunda bisa memberikan lebih banyak ASI pada anak.

  1. Menggunakan uap

Untuk mengencerkan dahak dan mengeluarkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan anak, Bunda bisa menggunakan uap air panas. Letakkan wadah berisi air panas di hadapan anak dan biarkan si kecil menghirup uap panasnya. Namun cara ini perlu pengawasan ketat Bunda agar anak tidak terkena cipratan air panas.

  1. Menggunakan bantal yang lebih tinggi

Anak bisa mengalami hidung tersumbat saat batuk pilek sehingga kesulitan bernapas dan lebih mudah rewel. Cara mengatasinya yaitu dengan meninggikan kepala anak saat tidur agar ia bisa bernapas lega. Bunda bisa menggunakan bantal yang lebih tinggi atau bantal tambahan untuk menopang kepala dan bahu anak.

  1. Memastikan anak tidur cukup

Anak membutuhkan lebih banyak energi untuk melawan infeksi virus penyebab batuk dan pilek. Anak juga membutuhkan istirahat yang cukup untuk mempercepat proses pemulihan. Jadi, pastikan si kecil untuk beristirahat dan cukup tidur. Bunda dapat menciptakan suasana tidur yang nyaman, sejuk dan tenang agar anak bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Menggunakan obat pereda batuk dan pilek yang aman dan berkualitas

Untuk membantu meringankan gejala, Bunda bisa memberikan si kecil obat pereda batuk dan pilek khusus anak. Namun, pastikan Bunda memberikan obat sesuai dosis yang dianjurkan yang tertera pada kemasan. Pemberian obat sesuai dosis membantu mempercepat proses pemulihan pada anak.

Agar tidak cemas dan panik berlebihan saat anak sakit, sebaiknya Bunda selalu menyediakan obat-obatan khusus anak di rumah. Bunda bisa berikan Anakonidin Merah, sebagai penanganan pertama si Kecil batuk dan pilek. Segera temui dokter jika kondisi batuk pilek anak semakin parah.

Tags:

Halaman