ARTIKEL

Penyebab Ingus Berwarna Hijau, Normal atau Berbahaya?

Aug 02, 2024 6:04pm

Ingus adalah cairan yang berperan penting untuk melindungi saluran pernapasan dari kuman yang terhirup saat bernafas. Namun, tahukah bunda bahwa warna ingus juga bisa menjadi indikator kesehatan seseorang?

Misalnya, warna ingus bening adalah warna ingus yang normal dan identik dengan kondisi kesehatan yang baik. Tetapi, jika ingus berwarna hijau atau coklat tandanya kesehatan kita sedang buruk, terutama jika teksturnya kental dan berbau.

Lantas, apa yang menyebabkan ingus berwarna hijau? Apakah ingus berwarna hijau sudah pasti berbahaya? Yuk, simak jawabannya di artikel ini!

Mengapa Ingus Berwarna Hijau?
Dilansir dari laman Healthline, ingus yang berwarna hijau menjadi tanda bahwa tubuh sedang berjuang keras melawan infeksi. Warna hijau berasal dari sel darah putih yang bercampur dengan kotoran yang masuk ke hidung. Ingus yang berwarna hijau kebanyakan bertekstur lengket dan kental karena penumpukan sisa kotoran dan kuman.

Mengapa Ingus Berwarna Hijau dan Berbau?
Tidak semua ingus berwarna hijau disertai bau tidak sedap. Namun, jika ingus baunya tidak wajar, ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi,  di antaranya:

1.
Sinusitis
Sinusitis adalah peradangan pada dinding rongga sinus yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan bisa juga dipicu oleh alergi. Kondisi ini dapat menyebabkan hidung tersumbat sehingga terjadi bau mulut. Bukan hanya ingus, namun dahak juga bisa berwarna keruh dan berbau tak sedap.

2.
Flu
Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Saat flu biasanya hidung mengeluarkan cairan berwarna bening secara berlebih, kemudian cairan tersebut berubah menjadi warna hijau kekuningan.

3.
Bronkitis
Bronkitis merupakan kondisi dimana terjadi iritasi pada bronkus yaitu saluran pernapasan yang terhubung dengan paru-paru. Gejala utama bronkitis adalah ingus dan dahak yang berwarna hijau.

4.
Makanan atau obat-obatan tertentu
Konsumsi makanan dan obat tertentu juga dapat memicu bau tidak sedap pada ingus. Misalnya seperti bawang putih atau makanan pedas.

Apakah Ingus Berwarna Hijau Bahaya?
Ingus berwarna hijau sebenarnya tidak membahayakan karena merupakan respon alami dari tubuh saat melawan bakteri dan virus yang masuk ke hidung. Justru bunda bisa mengetahui kondisi kesehatan si kecil dari warna ingusnya.

Jika si kecil flu dan ingusnya berwarna hijau, bunda tidak perlu panik, ya. Kondisi ini bisa diatasi dengan istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi, serta minum
Termorex Plus.

Termorex Plus adalah sirup obat yang dapat meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Termorex Plus memiliki varian rasa jeruk dan tidak mengandung alkohol.

Bunda bisa beli Termorex Plus, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex estore, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

BACA JUGA: 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Tags:

Halaman