ARTIKEL

Bunda, Ini Tandanya si Kecil Perlu Segera Dibawa ke Dokter Saat Demam

Mar 30, 2021 8:58am

Demam pada anak memang merupakan hal yang wajar terjadi. Pasalnya, demam itu sendiri dapat menjadi salah satu cara tubuh dalam melawan infeksi penyakit. Akan tetapi, pada beberapa kasus, demam juga dapat menjadi tanda adanya kondisi serius pada anak. Untuk itu, simak tanda-tanda demam anak tidak biasa yang harus segera diperiksakan ke dokter berikut ini.

 

Demam Lebih dari 40 Derajat Celcius

Demam dengan suhu tubuh yang terlalu panas bisa berakibat fatal pada anak-anak. Untuk bayi usia kurang dari 3 bulan, demam di atas 38 derajat celcius dapat menjadi pertanda yang kurang baik. 

 

Di sisi lain, untuk anak dengan usia lebih tua, demam dengan suhu tubuh lebih dari 40 derajat celcius dapat berakibat buruk bagi kondisi mereka selanjutnya. Itulah sebabnya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter di Unit Gawat Darurat jika anak mengalami panas yang sangat tinggi.

 

Demam Berlangsung Lebih dari 3 Hari atau Demam yang Berulang

Demam yang tidak kunjung turun bisa menjadi pertanda yang kurang baik. Misalnya, menjadi gejala dari beberapa penyakit serius seperti demam berdarah, tifus, atau malaria. Segera bawa anak ke dokter untuk melakukan pemeriksaan jika mereka mengalami demam lebih dari 3 hari. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan darah jika ditemukan gejala untuk penyakit-penyakit tertentu pada anak.

 

Si Kecil Tidak Mau Mengonsumsi Makanan atau Minuman Apapun

Saat demam, sangat wajar jika anak menjadi kehilangan selera makan. Namun, jika ini terjadi terus menerus, kondisi anak akan semakin memburuk. Pastikan anak yang demam mendapatkan asupan air dan makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini juga penting untuk bisa membantu suhu tubuhnya turun perlahan.

 

Anak Menunjukkan Gejala Kejang

Panas yang diikuti kejang juga bisa menjadi gejala untuk kondisi yang cukup serius. Pastikan Bunda segera membawa si kecil ke UGD saat si kecil mengalami kejang dan demam tinggi. Pahami juga bahwa ada kejang yang memang murni disebabkan oleh demam. Biasanya kejang ini diikuti dengan demam dengan suhu di atas 38 derajat celcius. Umumnya, kejang demam ini terjadi pada anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun. 

 

Anak Mengalami Hilang Kesadaran

Terakhir, jika anak kehilangan kesadaran, pastikan kamu harus segera membawanya ke UGD sesegera mungkin. Biasanya ini mengikuti kondisi anak yang sulit makan dan minum. Demam tinggi yang diikuti dengan dehidrasi dapat dengan mudahnya membuat anak kehilangan kesadaran.

 

Itulah beberapa tanda bahwa kamu harus segera membawa si kecil ke dokter saat ia mengalami demam. Namun, alangkah baiknya jika kamu bisa mencegah demam yang semakin parah dengan melakukan pertolongan pertama saat anak demam, seperti memberikan air minum yang cukup, memakaikan pakaian yang sejuk dan menyerap keringat, serta memberikan obat penurun panas khusus untuk anak. 

 

Hingga saat ini, Inzana menjadi obat demam anak yang dipercaya orangtua lebih dari 30 tahun. Selain aman, obat ini juga enak untuk dikonsumsi anak dengan rasa yang manis dan bisa dikunyah.

Tags:

Halaman