ARTIKEL

Bunda, Begini Caranya Cek Kesehatan Fisik dan Mental Si Kecil

Sep 28, 2021 8:24am

Bunda, pasti setuju kan kalau kesehatan dan tumbuh kembang anak jadi hal yang paling penting diperhatikan diawal usia kehidupannya. Selain kesehatan fisik, penting juga untuk menjaga kesehatan mental dan emosional anak. Apalagi di masa pandemi, si kecil tidak lagi bisa berinteraksi langsung dengan teman-teman sebayanya. Maka, penting banget untuk Bunda mengenali diri anak untuk mengetahui kondisinya saat ini. Sebenarnya, ada beberapa ciri anak sehat yang bisa Bunda amati secara langsung, lho.

 

Ciri Kesehatan Fisik

Ciri kesehatan fisik memang lebih mudah diamati karena bisa dilihat secara langsung. Beberapa tanda anak yang sehat secara fisik:

 

  1. Mau Bergerak Aktif

Sudah jadi rahasia umum kalau anak-anak seperti tidak punya rasa capek. Anak yang sehat akan dengan semangat berkegiatan dan bergerak aktif. Anak yang sehat akan lebih memilih bermain dan berolahraga dengan lincah. Kalau si kecil terlihat lalah, lesu dan enggan berkegiatan, Bunda perlu curiga kalau kondisi anak sedang tidak sehat.

 

  1. Tumbuh Kembang Fisik

Tumbuh kembang fisik memang menjadi patokan yang sering dilihat untuk mengetahui kesehatan si kecil. Untuk mengukur kesehatan anak, maka akan dilakukan pengukuran untuk pertambahan berat badan, peningkatan tinggi badan, dan bertambahnya ukuran di semua bagian tubuh secara keseluruhan. Bunda bisa membandingkan milestone tumbuh kembang anak dengan milestone ideal untuk anak seusianya. 

 

  1. Tampilan Fisik yang Sehat dan Segar

Anak sehat bisa dilihat pada tampilan fisiknya yang segar dan bersemangat. Anak yang sehat punya rona kulit yang segar serta tekstur yang cukup kenyal dan lembap. Lalu, rambutnya tidak rontok dan cenderung berkilau. Bunda juga perlu memperhatikan kuku si kecil, kuku yang sehat nampak bersih dan tidak mudah patah. Lalu, cek juga apakah lidah dan gigi si Kecil sehat. Lidah sehat berwarna merah muda segar, sementara kondisi gigi sehat adalah yang tidak berlubang dan tidak berkarang.



Ciri Kesehatan Mental

 

Bukan hanya kesehatan fisik yang perlu Bunda perhatikan, tapi pastikan juga anak punya kondisi kesehatan mental yang baik. Ada beberapa indikator anak sehat secara mental, yakni:

 

  1. Punya Emosi yang Stabil

Anak-anak terkadang memang mengalami tantrum atau emosi yang bergejolak. Namun, biasanya kondisi tantrum tidak berlangsung lama atau terlalu sering. Jika tantrum pada si kecil terjadi terlalu sering atau dalam durasi yang terlalu lama, Bunda perlu mencari tahu apakah ada yang salah dengan kesehatan mental anak.

 

Ketika si Kecil memiliki emosi yang stabil, ia cenderung akan lebih tenang dan bersikap sopan pada orang yang ditemuinya. Sikap rewel tentu terkadang muncul, namun durasinya tidak terlalu lama dan cepat reda. Si Kecil juga dapat mengungkapkan apa yang dirasakannya dengan jelas.

 

  1. Percaya Diri dan Ceria

Anak-anak yang percaya diri dan cerita lebih mudah untuk berteman dengan banyak orang. Bunda bisa mengamati hal ini dengan mengamati interaksi si kecil dengan orang lain.

 

  1. Konsentrasi dan Fokus

Anak yang sehat secara mental punya tingkat konsentrasi dan fokus yang tinggi. Perhatiannya tidak mudah teralihkan dan bisa menyelesaikan apa yang dikerjakannya dengan cukup cepat. Jika si kecil sulit berkonsentrasi, Bunda sebaiknya membantunya dengan menciptakan kondisi lingkungan yang lebih kondusif.

 

  1. Waktu Istirahat Cukup

Waktu istirahat punya dampak penting dalam kestabilan kondisi mental anak. Jadi, selalu pastikan si kecil punya waktu tidur yang cukup ya, Bunda.

 

Sayangnya, konsentrasi dan waktu istirahat anak bisa terganggu jika ia terserang batuk, Bunda. Maka saat anak terserang batuk, sebaiknya Bunda memberikan obat yang sesuai dengan jenis batuk anak sehingga bisa lebih cepat sembuh.

 

Untuk mengatasi berbagai jenis batuk, Bunda bisa berikan AnaKonidin sesuai dengan jenis dan gejala batuknya. Berikut beberapa jenis AnaKonidin yang bisa Bunda sediakan untuk mengatasi batuk anak:



Untuk meredakan batuk dan pilek, Bunda bisa memilih Anakonidin, sirup obat batuk dan pilek tanpa alkohol dengan rasa cherry yang disukai anak. Sirup obat batuk dan pilek ini tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk dikonsumsi anak-anak.

 

https://www.konimex.com/product/pharmaceutical/over-the-counter/obat-batuk-pilek/anakonidin-obh-1

 

AnaKonidin OBH membantu mengatasi batuk, flu, dan demam. Sirup obat batuk dan flu tanpa alkohol dengan rasa strawberry yang disukai anak-anak. Meredakan batuk dan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, serta bersin.

 

https://www.konimex.com/product/pharmaceutical/over-the-counter/obat-batuk-pilek/anakonidin-mucolytic-expectorant-baru

 

AnaKonidin ME (Mucolytic Expectorant), sirup obat batuk dengan rasa blueberry untuk meredakan batuk berdahak pada anak.  Mampu Mengencerkan dahak pada saluran napas dan mempermudah pengeluaran dahak pada anak.

 

https://www.konimexstore.com/produk/detail/kode/ANAKONIDIN+HERBAL+100+ML

 

Anakonidin Herbal adalah sirup obat batuk herbal untuk anak dengan rasa cherry mint yang terbuat dari bahan jamu dan tanpa kandungan alkohol.


Jangan lupa untuk selalu sedia AnaKonidin di rumah ya, Bunda. Apalagi di masa pandemi sekaligus peralihan musim seperti sekarang ini, si Kecil lebih rentan terkena batuk. Jadi pastikan kenali jenis batuknya karena #BedaBatukBedaAnakonidinnya.

Tags:

Halaman