ARTIKEL

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Nggak Boros

Feb 06, 2023 10:48am

Apakah kondisi keuangan keluarga masih aman, Bund? Meski terkadang sepele, Bunda perlu cermat dalam mengatur keuangan rumah tangga. Berapa pun pendapatan yang dimiliki, mengatur keuangan rumah tangga sangat penting agar tidak boros.

Nah biar nggak boncos di akhir bulan, coba ikuti beberapa tips mengatur keuangan rumah tangga berikut ini, Bunda.

 

  • Pahami Kebutuhan dan Keinginan

 

Hal pertama yang perlu Bunda lakukan adalah memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan. Penuhi dulu kebutuhan rumah tangga seperti keperluan sehari-hari hingga pendidikan anak. setelah semua kebutuhan terpenuhi, barulah Bunda bisa mengalokasikan dana untuk keinginan.

 

  • Buat Rincian Pemasukan dan Pengeluaran

 

Meski kerap dianggap sepele, mencatat uang masuk dan keluar sehari-hari penting dilakukan lho, Bunda. Catatan laporan keuangan harian ini membantu Bunda dalam mengontrol uang yang dikeluarkan setiap harinya. Bunda dapat melacak di area mana pengeluaran membengkak.

 

  • Buat Daftar Pengeluaran Prioritas

 

Selanjutnya adalah membuat daftar pengeluaran prioritas selama satu bulan. Daftar pengeluaran ini membantu Bunda mengontrol keuangan rumah tangga lebih efektif. Pengeluaran rumah tangga prioritas di antaranya seperti tagihan listrik, belanja dapur, tagihan air, cicilan rumah atau kendaraan, hingga biaya transport kerja dan pendidikan anak jika si kecil sudah memasuki usia sekolah.

 

  • Menjaga Rasio Hutang

 

Sebaiknya sebisa mungkin hindari utang ya, Bunda. Memiliki hutang dan tidak mencicilnya secara teratur atau tidak melunasinya tepat waktu bisa berdampak pada terpuruknya keuangan rumah tangga. Bunda perlu menjaga rasio utang dan pastikan membayar utang tidak melebihi 30 persen dari penghasilan setiap bulannya.

 

  • Hemat Kuota Internet Sesuai Kebutuhan

 

Salah satu cara menekan pengeluaran bulanan yaitu dengan menghemat kuota internet di rumah. Seperti diketahui ya Bunda, internet saat ini jadi hal yang juga dibutuhkan sehari-hari. Tidak hanya untuk kebutuhan informasi ter-update, tapi juga sebagai hiburan sederhana di rumah. Namun pastikan penggunaannya tidak berlebihan, khususnya pada anak-anak. Bunda bisa membatasi penggunaan smartphone pada si kecil, misalnya hanya satu jam setiap harinya.

 

  • Terapkan Metode 50-30-20

 

Cara praktis mengatur keuangan selanjutnya dengan menerapkan metode 50-30-20. Bunda bisa mengalokasikan pendapatan bulanan sebanyak 50% untuk kebutuhan pokok, lalu 30% untuk keinginan pribadi, dan 20% disisihkan untuk tabungan.

 

  • Siapkan Dana Darurat

 

Jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah dana untuk keperluan darurat. Hal-hal yang bersifat darurat seperti sakit, kendaraan rusak dan perlu ke bengkel, hingga berhenti atau kehilangan pekerjaan. Jadi sebisa mungkin sisihkan uang untuk dana darurat setiap bulannya ya, Bunda.

Tags:

Halaman