ARTIKEL

Anak Sakit Saat Liburan? Inilah 4 Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Aug 04, 2024 12:22pm

Libur panjang sekolah tentunya menjadi momen yang menyenangkan bagi keluarga. Tak sedikit orang tua yang mengajak anaknya liburan untuk melepas penat sebelum kembali bersekolah. Namun, momen bahagia ini bisa saja terganggu jika anak tiba-tiba sakit saat liburan.

Biasanya orang tua tidak memiliki persiapan apa-apa karena anak berangkat liburan dalam kondisi fit. Sakit saat liburan bisa terjadi karena
jet lag, beradaptasi dengan perbedaan musim dan cuaca, terlalu banyak aktivitas, atau perubahan pola makan.

Lantas, apa yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi anak yang tiba-tiba sakit saat liburan? Jangan panik dan simak artikel ini!

1.
Bawa obat-obatan
Langkah pertama yang harus bunda lakukan adalah mengetahui gejala penyakitnya agar bunda bisa tahu obat apa yang harus diberikan. Obat-obatan adalah pertolongan pertama yang wajib dibawa saat liburan. Mabuk perjalanan adalah kondisi yang sering dialami anak, terutama jika mereka tidak terbiasa naik transportasi tertentu. Jadi, bunda harus sedia obat anti mabuk dalam tas.

Jika anak memiliki alergi tertentu seperti alergi cuaca dingin, jangan lupa untuk membawa obat pereda alerginya serta baju-baju hangat. Bunda juga wajib membawa minyak kayu putih atau minyak telon kalau saja nanti si kecil masuk angin atau pusing.

Untuk pertolongan pertama anak demam saat liburan, bunda bisa menggunakan Termorex Patch yang praktis di bawa ke mana pun kapan pun. Termorex Patch, plester kompres untuk meredakan panas demam pada si kecil dengan rasa dingin yang dapat bertahan hingga 8 jam serta daya lekat kuat namun tetap lembut di kulit si Kecil.

Termorex Patch, plester kompres demam ini bisa ditempelkan pada dahi, pergelangan tangan, atau lipatan ketiak si kecil. Bunda juga dapat mengkombinasikan penanganan demam si Kecil dengan menggunakan Termorex Patch, plester kompres demam berbarengan dengan pemberian obat sirup Termorex.

Bunda bisa beli Termorex Patch, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex estore, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

2.
Mencari klinik terdekat
Jika pertolongan pertama sudah diberikan dan kondisi si kecil tak kunjung membaik, segera cari pusat layanan kesehatan terdekat di kota tersebut. Ubah rencana liburan keluarga sampai anak benar-benar sehat. Lagi pula, liburan tidak akan terasa menyenangkan saat ada anggota keluarga yang sakit, bunda pasti akan ikut stres.

Namun, jika anak rewel karena liburannya terganggu, berikan mereka pengertian bahwa liburan bisa dilakukan kapan saja, dengan begini anak jadi mau minum obat dan bersemangat untuk sembuh.

3.
Mengurangi aktivitas berat
Bunda bisa tetap liburan saat anak sakit, namun pilih aktivitas yang tidak melelahkan seperti city tour atau menonton pertunjukan. Hindari aktivitas berat seperti camping, berenang atau outbound. Berkunjung ke tempat wisata alam juga bisa jadi alternatif untuk menghilangkan stres dan penat. Jangan lupa untuk rutin mengecek kondisi dan suhu tubuh anak, ya!

4.
Menjaga pola makan
Sakit saat liburan juga bisa disebabkan akibat perubahan pola makan, apalagi jika anak memiliki penyakit maag. Selain itu, si kecil bisa saja tidak cocok mengkonsumsi makanan di daerah tersebut, seperti makanan pedas atau street food sehingga pencernaannya jadi terganggu.

Padahal saat liburan kita tetap harus menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Jangan lupa juga untuk selalu minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan dan tetap fit.

Itulah beberapa tips yang bisa bunda terapkan jika anak sakit saat liburan. Ada baiknya bunda memastikan kondisi anak memang fit sebelum liburan, begitupun dengan anggota keluarga lainnya. Kalau badan sehat, liburan akan lebih menyenangkan!

BACA JUGA: Jangan Sembarangan, Inilah Cara Penanganan Demam Sesuai Usia Anak

Tags:

Halaman