ARTIKEL

Anak Demam Karena Tumbuh Gigi, Wajarkah?

Oct 03, 2022 12:15pm

Demam pada anak bisa terjadi kapan saja, termasuk saat tumbuh gigi. Namun Bunda tidak perlu khawatir ketika anak demam saat tumbuh gigi.

Demam saat anak tumbuh gigi disebabkan oleh peradangan gusi saat gigi bertumbuh dan memotong jaringan gusi yang halus. Pertumbuhan gigi pada anak biasanya terjadi di usia 4-6 bulan dan akan terus berlanjut hingga usia anak 2-3 tahun.

Selain demam, terdapat beberapa gejala yang akan dialami anak saat tumbuh gigi, di antaranya seperti:

Rewel

Saat tumbuh gigi, anak cenderung lebih rewel dari biasanya terlebih pada malam hari. Anak juga akan mengalami kesulitan tidur di malam hari karena rasa nyeri akibat peradangan gusi.

Gusi Bengkak

Untuk memastikan apakah anak demam karena tumbuh gigi, cobalah membuka mulutnya secara perlahan. Anak yang sedang tumbuh gigi biasanya mengalami gusi bengkak dan agak kemerahan. Bunda juga bisa melihat adanya gigi yang muncul secara samar di dalam gusi anak yang sedang meradang.

Ruam di Sekitar Mulut

Pada beberapa kasus, anak bisa mengalami ruam di sekitar mulut saat tumbuh gigi. Kondisi ini terjadi karena produksi air liur berlebih yang memicu timbulnya ruam di sekitar mulut, dagu, dan leher. Sebaiknya segera bersihkan air liur yang membasahi area sekitar mulut si kecil dengan lap atau tisu bersih ya, Bunda.

Nafsu Makan Menurun

Saat tumbuh gigi, anak biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan. Beberapa anak bahkan menolak untuk makan dan minum sama sekali akibat peradangan gusi yang dirasakannya saat tumbuh gigi.

Produksi Air Liur yang Bertambah

Belum banyak penelitian yang mengungkap kenapa tumbuh gigi bisa memicu produksi air liur berlebih pada bayi. Kondisi ini diduga karena adanya peningkatan gerak otot di dalam mulut selama proses tumbuh gigi. Sehingga memicu kinerja kelenjar ludah menjadi lebih aktif dan berdampak pada meningkatnya produksi air liur.

Sering Menggigit Benda-benda di Sekitarnya

Anak akan merasa gatal di area gusi saat tumbuh gigi. Oleh sebab itu, anak biasanya akan menggigit benda-benda yang ada di sekitarnya sebagai respon dari gatal yang ia rasakan.

Suhu demam akibat tumbuh gigi biasanya tergolong ringan dan tidak lebih dari 38 derajat Celcius. Meski begitu, Bunda tetap perlu siaga dan menyiapkan obat penurun demam seperti Termorex sebagai pertolongan pertama pada panas demam anak.

Termorex merupakan sirup obat penurun panas anak tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak. Efektif membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak, termasuk setelah imunisasi, ketika sakit kepala dan sakit gigi.

Tags:

Halaman