ARTIKEL

Mengajarkan Anak Cuci Tangan, Bagaimana Cara yang Tepat?

Apr 04, 2022 2:33pm

Salah satu cara mencegah tubuh agar tidak terserang penyakit adalah dengan mencuci tangan. Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit, khususnya pada anak-anak dengan daya tahan tubuh yang belum sempurna. Namun bukan hal yang mudah mengajarkan anak cara mencuci tangan yang benar ya, Bunda.

Mencuci tangan dengan benar dapat mencegah anak terserang berbagai macam penyakit. Berbagai macam penyakit bisa saja menempel di tangan si kecil usai bermain. Virus, bakteri, atau parasit yang menempel di tangan ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Jika sudah terinfeksi, anak bisa saja mengalami beberapa penyakit seperti batuk, pilek, cacingan, hepatitis A, serta meningitis.

Sebagai pencegahan, Bunda bisa mengajarkan anak cara mencuci tangan dengan benar melalui beberapa tips sederhana ini:

  1. Beri Pemahaman tentang Pentingnya Mencuci Tangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menjelaskan pentingnya mencuci tangan dengan benar. Berikan pemahaman secara sederhana bagaimana mencuci tangan dapat mencegah tubuh terserang penyakit. Kuman yang berukuran sangat kecil dan tidak nampak oleh mata bisa saja masuk ke dalam tubuh. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun akan menghilangkan kuman yang menempel di tangan.

  1. Ajak Anak Mencuci Tangan Bersama-sama

Selanjutnya adalah berikan anak contoh. Ya Bunda, anak-anak adalah sosok peniru yang ulung. Dengan memberikan contoh cara mencuci tangan yang benar, anak-anak akan dengan mudah mengikutinya. Ajaklah si kecil mencuci tangan bersama Bunda dan tunjukkan cara mencuci tangan yang benar di bawah air mengalir dan menggunakan sabun hingga bersih.

  1. Pilih Sabun dengan Aroma yang Anak Sukai

Pilihlah sabun cuci tangan dengan aroma yang disukai anak-anak. Aroma buah seperti strawberry, apel, jeruk, hingga melon yang menyegarkan akan membuat si kecil menyukai kegiatan ini. Tentunya, pilih juga sabun dengan kandungan moisturizer agar tangan si kecil tidak kering dan iritasi ya, Bunda. Pastikan si kecil telah membilas busa sabun dari tangannya hingga bersih.

  1. Buat Mencuci Tangan Jadi Momen Menyenangkan

Ini yang penting dilakukan, Bunda. Jadikan kegiatan ini momen yang menyenangkan untuk si kecil. Sambil mencuci tangan, Bunda bisa mengajak si kecil bernyanyi bersama. Saat ini banyak lagu anak dengan lirik yang mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Cara ini akan memudahkan si kecil mengingat langkah-langkah mencuci tangan dengan benar.

  1. Konsisten Memberi Tahu Anak Kapan Saja Harus Mencuci Tangan

Tetap bersabar dan jangan bosan mengingatkan anak untuk mencuci tangan ya, Bunda. Anak memerlukan waktu untuk membiasakan dirinya mencuci tangan usai beraktivitas. Biasanya, anak baru akan mencuci tangannya ketika terlihat kotor. Jadi dampingi dan terus ingatkan si kecil untuk mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan, setelah buang air atau dari kamar mandi, serta usai bermain dengan hewan peliharaan atau setelah bersin.

Salah satu masalah kesehatan dari malas mencuci tangan adalah meningkatnya resiko cacingan. Cacingan bukan hanya bisa terjadi pada anak-anak, tapi juga pada orang dewasa. Selain rajin mencuci tangan, keluarga juga perlu minum obat cacing setiap 6 bulan sekali bersama dengan seluruh anggota keluarga termasuk ART jika ada. Pilih obat cacing yang yang mengandung pyrantel pamoate yang dapat menghancurkan cacing tanpa bantuan obat pencahar. Bunda bisa beli di Konimexstore , apotek atau toko obat terdekat yaa.

Tags:

Halaman