ARTIKEL

Lakukan Hal Ini Jika anak demam setelah imunisasi

Jun 25, 2023 7:57pm

Imunisasi merupakan kegiatan wajib untuk si kecil yang seringkali membuat bunda kelimpungan. Bagaimana tidak, tangisan si kecil karena rasa sakit akibat suntikan imunisasi tentu membuat bunda merasa khawatir sekaligus sedih. Belum lagi bila anak demam setelah imunisasi yang tentunya semakin menambah beban pikiran bunda. Kegiatan imunisasi bisa jadi kegiatan yang traumatis baik bagi si kecil maupun bunda.
Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang apabila akan menjalani imunisasi untuk si kecil. Rasa takut dan khawatir secara berlebihan tentunya dapat berpengaruh terhadap si kecil secara tidak langsung. Tenangkan diri bunda sebelum mengantarkan si kecil imunisasi agar si kecil bisa merasakan ketenangan tersebut dan membuat mereka lebih nyaman ketika imunisasi. Untuk permasalahan demamnya pun bisa bunda antisipasi sebelum proses imunisasi.

Mengapa anak demam setelah imunisasi?
Agar tidak merasa bingung dan khawatir berlebihan ketika anak demam setelah imunisasi, ada baiknya bunda mengetahui alasan mengapa hal itu terjadi. Pada dasarnya bunda tidak perlu khawatir ketika si kecil mengalami demam setelah menjalani imunisasi. Peningkatan suhu tubuh atau demam tersebut merupakan bentuk respons dari tubuh si kecil terhadap obat yang sudah masuk. Sekarang, tentunya bunda sudah tidak bingung dan merasa khawatir yang berlebihan lagi, bukan?

Penanganan Ketika anak demam setelah imunisasi
Walaupun demam merupakan respons yang wajar setelah imunisasi, bunda juga bisa melakukan beberapa hal untuk membantu si kecil. Pada saat-saat tersebut si kecil tentunya sangat membutuhkan peran serta kehadiran bunda untuk membuatnya merasa nyaman dan bisa beristirahat dengan tenang.

Memberi Obat Penurun Demam kepada si kecil setelah Imunisasi
Demam akibat imunisasi juga membutuhkan obat penurun demam dan penanganan agar demam tersebut cepat turun. Memang bukan demam yang berbahaya, tetapi efek dari demam tersebut tentunya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman, bukan?
bunda bisa membelikan Termorex Paracetamol, yaitu sirup obat turun panas tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak. Efektif membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak-anak, atau Bunda juga bisa berikan Termorex Baby, Obat sirup rasa jeruk untuk meringankan rasa sakit dan menurunkan demam yang terjadi pada bayi dan anak-anak. Termorex drop tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk bayi dan balita. Selain itu juga bisa dibantu dengan menempelkan plester kompres demam seperti Termorex Patch yang dapat memberikan efek mendinginkan yang tahan sampai 8 jam dan aman digunakan untuk anak demam setelah imunisasi. Kedua kombinasi ini dapat mempercepat penurunan suhu tubuh si kecil setelah proses imunisasi. Yuk sedia selalu Termorex untuk berjaga jaga jika si kecil demam setelah imunisasi. .

Membantu si kecil Lebih Mudah Istirahat
Setelah meminum obat, tentunya si kecil harus beristirahat agar lebih mudah pulih kembali seperti sedia kala. Hal pertama yang bisa bunda lakukan untuk menyamankan si kecil sehingga lebih mudah istirahat adalah memberi pakaian yang longgar. Dengan begitu keringat yang keluar dari tubuh bisa terserap oleh baju dengan baik. Selain itu, bajunya juga tidak membuat si kecil merasa terlalu panas dan mengeluarkan keringat yang berlebihan.
bunda juga bisa menemani tidur si kecil agar mereka tidak merasa sendiri di kamarnya dengan kondisi tubuh yang tidak menyenangkan. Keberadaan bunda di samping sang buah hati tentunya adalah obat tersendiri untuk membuat mereka nyaman dan merasa aman. Pastikan pula aliran udara di kamar si kecil bunda cukup sejuk sehingga mereka tidak merasa kepanasan.

Itulah hal-hal yang harus bunda lakukan ketika anak demam setelah imunisasi. Jangan merasa takut atau khawatir akan hal buruk terjadi kepada si kecil setelah menjalani imunisasi. Karena demam merupakan reaksi wajar karena di dalam tubuh si kecil terjadi pembentukan sistem kekebalan yang baru untuk menjaga agar tubuh si kecil tetap sehat dan fit.

Tags:

Halaman