ARTIKEL

6 Persiapan Sebelum Imunisasi pada Anak Agar Tidak Rewel

Jan 25, 2021 1:03pm

Bagi Bunda yang sebentar lagi akan menemani si kecil diimunisasi, ada beberapa persiapan yang perlu Bunda lakukan. Memangnya imunisasi pada anak perlu persiapan? Jelas perlu, Bunda! Melakukan imunisasi pada anak bisa jadi cukup merepotkan jika tidak dipersiapkan dengan baik, apalagi jika si kecil ternyata takut jarum suntik. Untuk membantu Bunda, ada beberapa persiapan di bawah ini yang bisa Bunda ikuti.

 

Cek jadwal imunisasi

Persiapan pertama sebelum melakukan imunisasi pada anak bisa Bunda lakukan dengan memeriksa jadwal imunisasi. Untuk imunisasi ini, biasanya Bunda harus membuat janji temu atau menyesuaikan dengan jadwal dari klinik atau posyandu. Jangan lupa untuk pasang jadwal tersebut di kalender atau notes Bunda.

 

Berangkatlah ke tempat imunisasi lebih awal jika ternyata jadwal tersebut dibuka untuk umum karena kemungkinan besar akan ada banyak yang mengantri. Tetapi, jika Bunda mendapat janji temu sendiri, jangan berangkat terlalu cepat. Dengan begitu, Bunda dapat sampai tepat waktu dan tidak perlu menunggu terlalu lama di sana.

 

Bawa buku jurnal imunisasi anak

Jika ini adalah imunisasi pertama bagi si kecil, maka Bunda akan diberikan buku catatan imunisasi anak seusai proses imunisasi. Namun, jika sebelumnya sudah pernah melakukan imunisasi, maka saat akan melakukan imunisasi pada anak yang berikutnya, pastikan Bunda tidak lupa membawa buku jurnal atau buku catatan ini.

 

Dengan adanya catatan ini, dokter atau bidan yang memeriksa si kecil bisa mendapat informasi tepat serta memahami riwayat imunisasi si kecil. Selain itu, pemeriksa jadi tahu apa yang harus dilakukan kemudian pada sesi imunisasi tersebut.

 

Informasikan kondisi anak pada dokter

Setelah tiba di tempat dan bertemu dengan dokter atau bidan yang bertugas untuk melakukan imunisasi pada anak, Bunda wajib menginformasikan kondisi terkini si kecil. Bunda dapat memulai dengan memberi informasi usia si kecil serta kondisi kesehatannya akhir-akhir ini. Jika si kecil memiliki alergi atau penyakit bawaan, Bunda juga perlu menjelaskannya pada dokter yang bersangkutan.

 

Bisa jadi dokter atau bidan yang bertugas sudah pernah menangani anak Bunda sebelumnya. Namun, sebisa mungkin Bunda tidak melewatkan tahapan yang satu ini. Selalu ada kemungkinan dokter atau bidan tersebut sudah lupa dengan informasi tersebut, mengingat ada banyak pasien anak yang mereka tangani.

 

Pakaikan anak dengan dengan baju yang nyaman dan mudah dilepas

Bunda harus tahu bahwa saat akan melakukan imunisasi pada anak, umumnya pakaian yang dikenakan si kecil harus dilepas. Tujuannya untuk mempermudah proses pemeriksaan dan imunisasi itu sendiri. Itu sebabnya penting bagi Bunda untuk mengenakan pakaian yang nyaman serta mudah dilepas pada si kecil.

 

Pakaian yang mudah dilepas akan menghemat waktu selama proses imunisasi. Selain itu, tidak akan tidak akan memicu si kecil jadi rewel atau bahkan menangis selama proses berlangsung. Atasan dengan kancing bisa jadi pilihan Bunda untuk mempermudah dilepas. Pilih juga pakaian yang tidak sempit agar mudah digulung.

 

Jelaskan pada anak soal imunisasi yang akan dilakukan

Jika si kecil sudah cukup besar dan dapat memahami perkataan Bunda, pastikan ia tahu apa itu proses imunisasi. Sebelum melakukan imunisasi pada anak, ceritakan dulu pada si kecil tentang imunisasi. Jelaskan mengapa penting untuk melakukan imunisasi dan bagaimana prosesnya. Tujuannya agar si kecil tahu dan tidak terlalu terkejut saat akhirnya melakukan imunisasi.

 

Hindari juga berbohong saat menjelaskan tentang imunisasi. Menyampaikan kebohongan bisa saja membuat si kecil trauma karena ternyata tidak sesuai dengan pernyataan Bunda. Contohnya, jangan bilang kalau suntik itu tidak terasa sakit. Bilang saja suntik akan terasa sakit, bahkan membuat tubuh si kecil pegal. Namun, jelaskan juga bahwa rasa sakitnya tidak akan bertahan lama dan ia bisa segera beraktivitas dan bermain seperti sedia kala lagi. Dengan begini, si kecil juga bisa jadi lebih tenang.

 

Bawa mainan atau distraksi untuk anak

Beberapa proses imunisasi pada anak bisa membuat mereka merasa tegang bahkan ketakutan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Bunda melakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian mereka. Salah satunya adalah dengan membawa mainan atau barang kesukaan si kecil untuk mengalihkan rasa tegangnya dan membuat si kecil jadi lebih tenang selama proses imunisasi.

 

Itu dia beberapa persiapan sebelum imunisasi pada anak yang dapat Bunda lakukan. Dengan melakukan persiapan-persiapan tersebut, Bunda tidak perlu lagi takut kerepotan selama proses imunisasi berlangsung. Semoga imunisasi si kecil berjalan lancar, Bunda!

Tags:

Halaman