ARTIKEL

4 Tips Menjaga Imunitas Anak di Musim Hujan

Feb 12, 2020 11:11am

Saat musim hujan biasanya anak akan mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan saat sedang musim hujan, imunitas tubuh anak melemah sehingga mudah terserang virus penyakit. Oleh karena itu, Bunda harus waspada saat memasuki musim hujan. Bunda perlu menjaga imunitas si kecil supaya tidak terserang sakit saat musim hujan. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga imunitas si kecil saat musim hujan.

 

Istirahat Yang Cukup

Tips pertama yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga imunitas anak adalah dengan memberinya waktu istirahat yang cukup. Kurang istirahat dapat beresiko membuat anak mudah terserang sakit. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh anak lemah karena tidak mempunyai waktu istirahat yang cukup. Karena sistem kekebalan tubuh lemah inilah yang membuat anak mudah terserang sakit.

Oleh karena itu Bunda harus memberi anak waktu istirahat yang cukup supaya sistem kekebalan tubuh dalam diri si kecil meningkat. Durasi waktu istirahat yang tepat untuk anak adalah 10 jam yang dibagi menjadi 2 waktu. Dua jam ketika tidur siang dan 8 jam saat tidur malam. Biasanya anak akan susah untuk diajak tidur siang, oleh karena itu penting sekali untuk Bunda melatihnya untuk tidur siang.

 

Menjaga Kebersihan

Tips lainnya yang bisa Bunda lakukan adalah menjaga kebersihan baik kebersihan anggota keluarga hingga kebersihan rumah. Latih si kecil untuk rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah memegang benda. Dengan latihan ini, anak akan terlatih untuk menjaga kebersihan dirinya. Selain itu Bunda juga perlu menjaga kebersihan rumah. Rumah yang kotor merupakan tempat yang disukai oleh virus dan bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, Bunda harus selalu rutin menjaga kebersihan rumah.

Bunda juga bisa mengajak si kecil untuk membantu membersihkan rumah. Dengan begitu, si kecil juga akan memiliki rasa tanggung jawab untuk ikut menjaga kebersihan rumah. Dengan rutin membersihkan rumah, maka tidak akan virus dan bakteri yang hidup.

 

Makan Teratur

Tips selanjutnya yang harus Bunda perhatikan adalah mengajak anak makan secara teratur. Sangat penting untuk si kecil makan dengan waktu yang teratur. Makan secara teratur memberi pengaruh yang baik terhadap sistem pencernaan anak. Selain itu makan dengan teratur juga membuat si kecil mempunyai tubuh yang kuat.

Bunda bisa membuatkan jadwal makan untuk si kecil mulai dari jadwal sarapan, makan siang hingga makan malam. Sebisa mungkin Bunda harus memastikan bahwa si kecil makan sesuai dengan jadwal. Telat makan dapat memberi efek yang kurang bagus terhadap sistem pencernaan anak.

 

Makan Makanan Sehat

Selain membuat jadwal makan yang teratur untuk si kecil, Bunda juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh si kecil. Untuk menjaga imunitas anak, Bunda bisa memberikan makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Bunda bisa membuatkan menu sehat untuk sarapannya supaya si kecil dapat beraktivitas dengan baik sepanjang hari. Tidak hanya untuk sarapan saja, Bunda juga bisa membuat menu sehat untuk makan siang dan makan malamnya.

Berbagai sayuran dan buah-buahan bisa Bunda pilih dan atur setiap harinya agar si kecil tidak bosan. Bunda bisa memilih sayuran seperti kacang panjang dan wortel untuk menu makanan anak. Selain itu Bunda juga bisa memilih buah-buahan seperti strawberry dan jeruk sebagai pilihan buah. Sayuran dan buah-buahan tersebut memiliki kandungan fitonutrien yang baik untuk imunitas anak. Fitonutrien berfungsi untuk memproduksi interferon dan sel darah putih yang mampu menghadang masuknya virus ke dalam tubuh si kecil.

 

Menjaga imunitas anak saat musim hujan harus dilakukan dengan tepat. Seperti kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Oleh karena itu Bunda harus aktif untuk menjaga imunitas anak saat musim hujan. Semoga bermanfaat Bunda.

 

Meta desc : Musim hujan telah tiba. Agar tidak mudah sakit, inilah tips menjaga imunitas anak di musim hujan

Tags:

Halaman