ARTIKEL

4 Alasan Kenapa Anak Perlu Diberi Obat Cacing Tiap 6 Bulan Sekali

Jun 24, 2019 2:59pm

Untuk mencegah bertambahnya jumlah anak cacingan di seluruh penjuru dunia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan pemberian obat cacing untuk anak-anak setiap enam bulan sekali. Terlebih, cacing memiliki kemampuan untuk menembus permukaan kulit manusia, maka penyebarannya bisa melalui tanah, makanan yang terkontaminasi, hingga daging dan sayur yang tidak diolah dengan baik. Agar Bunda tidak meremehkan penyakit ini, ketahui dulu pentingnya memberi obat cacing pada anak. Berikut informasi selengkapnya!

 

1. Membunuh beragam jenis cacing

Pemberian obat cacing kepada anak cacingan maupun sebagai langkah pencegahan penting dilakukan. Tujuannya untuk membunuh beragam jenis cacing yang mungkin bersarang di dalam tubuh manusia. Baik masih berupa telur, larva, maupun yang sudah jelas-jelas berbentuk cacing, bisa dibasmi melalui pemberian obat cacing ini. Dengan pemberian yang tepat waktu, maka aliran darah anak-anak bersih dari infeksi cacing yang mengancam kesehatan tubuhnya.

 

2. Mengoptimalkan penyerapan zat-zat bergizi

Dalam jangka panjang, cacing akan memengaruhi metabolisme dan pencernaan anak. Kondisi ini disebabkan cacing mampu menyerap darah serta zat-zat bergizi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang dengan normal. Oleh karena itu, dengan pemberian obat cacing secara rutin tiap enam bulan sekali, diharapkan dapat membantu tubuh mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh serta menekan angka terjadinya anak cacingan.

 

3. Mencegah risiko stunting pada anak

Anak cacingan rentan mengalami stunting karena cacing di dalam tubuhnya akan mengisap darah dan nutrisi penting yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan. Umumnya, stunting ditandai dengan pertumbuhan tinggi yang berbeda dari anak-anak lain seusianya. Namun, ada pula yang baru terlihat gejalanya setelah anak melewati usia dua tahun. Di samping itu, anak-anak stunting umumnya mengalami keterlambatan tumbuh gigi serta cenderung pendiam dan memiliki fokus dan kemampuan mengingat yang kurang baik.

 

4. Memperbaiki sistem imun

Apabila terkena infeksi cacing, maka kekebalan tubuh anak melemah karena sistem imun yang rusak. Tidak jarang anak cacingan justru harus menderita penyakit metabolik lain yang lebih membahayakan keselamatannya. Mulai dari risiko obesitas, penyempitan pembuluh darah, hingga serangan jantung. Nah, dengan diberikan obat cacing maka sistem imun dapat diperbaiki secara lebih optimal sehingga daya tahan tubuh anak lebih baik dan terhindar dari ancaman penyakit infeksi cacingan.

Namun, selain pemberian obat cacing, Bunda juga harus memastikan anak-anak telah mendapatkan asupan makanan yang bergizi agar sistem imun yang dimiliki terjaga sempurna. Imunitas yang baik akan membuat anak tetap sehat dan bugar serta terhindar dari ancaman penyakit-penyakit menular berbahaya. Sayur dan buah-buahan segar adalah sumber makanan yang baik untuk memperbaiki sistem imun dalam tubuh manusia.

Gejala anak cacingan biasanya tidak terlalu nampak serius, seperti berkurangnya nafsu makan, demam, dan sakit perut. Namun, jika kondisi ini terus berlanjut dalam kurun waktu yang cukup lama, maka sudah seharusnya Bunda segera memeriksakan kesehatan anak. Perlu diingat bahwa obat cacing tergolong keras, sehingga harus diberikan ketika Bunda sudah berkonsultasi dengan pihak medis.

Umumnya, obat cacing hanya boleh diberikan ketika anak tidak berada dalam kondisi demam serta sudah mengonsumsi makanan. Pemberiannya pun harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jadi, Bunda jangan sampai melewatkan waktu pemberian obat cacing pada anak agar kesehatan tubuh mereka terjamin dan terhindar dari infeksi cacing. Semoga bermanfaat!

Tags:

Halaman

Artikel Terkait