ARTIKEL

Tips Work from Home Saat Si Kecil di Rumah

Apr 22, 2020 11:14am

Sekarang ini, seluruh pekerjaan non esensial diminta untuk menerapkan sistem work from home. Work from home sendiri secara harfiah berarti bekerja di rumah. Bagi beberapa orang, sistem ini sudah tidak asing lagi. Tetapi, dengan kondisi sekolah yang juga harus dilakukan di rumah, work from home menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua yang harus membagi tugas sehari-hari.

 

Selain harus menyelesaikan pekerjaan, para orang tua juga harus tetap menjaga sang buah hati selama di rumah. Terlebih lagi, anak-anak akan lebih rewel karena merasa bosan di rumah. Apabila masalah-masalah ini terjadi kepada Anda dan menyebabkan Anda tidak fokus saat work from home, ikuti tips-tips berikut agar Anda sukses menjalankan work from home.

 

Tetapkan ruang kerja

Kondisi lingkungan kerja yang kondusif tentunya penting untuk produktivitas kerja saat di rumah. Terutama bila pekerjaan yang harus diselesaikan membutuhkan fokus penuh. Beritahu si kecil tentang kondisi Anda yang harus tetap bekerja walaupun di rumah. Sang anak perlu tahu batasan-batasan, seperti tidak berteriak saat di dekat ruang kerja atau tidak mengajak bermain saat jam kerja, agar pekerjaan tidak terbengkalai.

 

Penting sekali bagi Anda untuk menentukan ruang kerja saat work from home. Bisa saja menggunakan kamar tamu, ruang keluarga, atau ruangan lainnya sebagai ruang kerja khusus. Menetapkan ruang kerja juga berguna saat Anda perlu melakukan video conference. Anak pun sadar dan belajar untuk tertib saat bermain di tengah pekerjaan Anda.

 

Mengatur rutinitas rumah

Biasakan anak dan diri Anda untuk tetap melakukan rutinitas sehari-hari selayaknya saat sebelum isolasi diri di rumah, misalnya bangun pagi tepat waktu. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap fokus saat work from home. Selain itu, ajarkan anak untuk rutin tidur siang dan tetap patuh terhadap aturan rumah. Walaupun si kecil juga harus belajar di rumah, Anda bisa menetapkan waktu pagi hingga siang hari sebagai waktu belajar bagi anak.

 

Hindari untuk melakukan pekerjaan rumah saat jam bekerja, kecuali jika Anda sudah menyelesaikan semua tugas kantor Anda. Jadikan waktu-waktu tertentu saat senggang bekerja untuk mengecek kondisi anak dan mengerjakan tugas orang tua. Dengan menetapkan waktu dan rutinitas di rumah selagi work from home, pekerjaan pun tidak terganggu dan Anda masih dapat menyempatkan waktu luang untuk bermain dengan si kecil.

 

Menerapkan peraturan bersama

Berikan pemahaman kepada anak bahwa situasi isolasi diri di rumah bukan berarti liburan panjang. Terapkan daftar-daftar peraturan yang perlu ditaati saat di rumah, terutama saat hari biasa. Misalnya, menyelesaikan tugas sekolah setiap hari, menonton tv di jam tertentu, atau merapikan mainan yang sudah dipakai.

 

Meski begitu, Anda tidak perlu secara kaku menetapkan aturan rumah ini. Sesuaikan juga dengan jam kerja serta kapasitas pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki waktu senggang di tengah-tengah pekerjaan, gunakan untuk bermain dengan anak agar mereka tidak bosan. Sebaliknya, jika Anda sedang sibuk, Anda bisa memperbolehkan si kecil untuk menonton film favorit mereka.

 

Selain aturan rumah untuk sang buah hati, Anda juga perlu menetapkan aturan untuk diri Anda sendiri, seperti jam kerja dan pekerjaan rumah yang perlu dilakukan setiap hari. Jangan sungkan untuk membagi tugas dengan pasangan dan anggota keluarga lainnya. Hal terpenting adalah untuk membedakan waktu kerja dengan waktu keluarga selagi work from home.

 

Menyisihkan waktu bersama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, waktu senggang yang Anda bisa dimiliki perlu dimanfaatkan sebagai waktu kumpul keluarga. Pasalnya, anak-anak pasti merasa sangat bosan apabila mereka harus bermain sendirian di dalam rumah. Jelaskan pada sang buah hati bahwa Anda sedang beristirahat dan akan kembali bekerja setelahnya.

 

Anda bisa melakukan aktivitas seru seperti membuat prakarya atau mewarnai, aktivitas-aktivitas yang memakan cukup banyak waktu. Menyisihkan waktu bersama anak saat work from home juga dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda. Selama anak sibuk melakukan aktivitas, Anda pun juga dapat dengan tenang meninggalkan mereka dan kembali bekerja.

 

Dari tips-tips di atas, Anda bisa mencoba melakukannya satu per satu. Sesuaikan dengan kondisi keluarga Anda dan tetaplah konsisten melakukan tips-tips yang sudah Anda baca. Semoga 4 tips ini dapat membantu Anda selama isolasi diri dan work from home.

 

 

Meta desc: Wabah virus ini membuat beberapa pekerjaan harus dibawa ke rumah, bagaimana menyiasati bekerja di rumah saat ada si kecil? Begini tipsnya.

Sources:

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/27/081500820/4-tips-sukses-work-from-home-sambil-mengurus-anak-di-rumah?page=all

https://tirto.id/tips-melakukan-work-from-home-bersama-anak-eHPu

https://www.parents.com/parenting/work/life-balance/how-to-master-being-a-work-at-home-mom/

Tags:

Halaman