ARTIKEL

Tips Mendidik Anak yang Dapat Ayah Lakukan

Jul 30, 2020 12:56pm

Sosok Ayah di dalam keluarga sering dijuluki bread winner karena tanggung jawabnya sebagai pencari nafkah utama di dalam keluarga. Tidak heran kalau banyak Ayah yang akhirnya lebih fokus menghabiskan waktu untuk mencari uang demi bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Padahal, Ayah juga harus menyisihkan waktunya untuk ikut mendidik si kecil. Oleh sebab itu, berikut beberapa tips mendidik anak yang bisa Ayah manfaatkan untuk mendekatkan diri sekaligus mengajarkan sang buah hati banyak hal baik.

 

Pahami soal berbagi peran

Sebagai awalan, Ayah perlu mengingat kembali bahwa di rumah, orang tua yang berperan dalam mendidik anak tidak hanya Bunda saja. Si kecil butuh sosok Ayah selama ia bertumbuh dan berkembang. Itu sebabnya Ayah harus mengambil inisiatif untuk berdampingan dengan Bunda mendidik si kecil. Menggunakan waktu Ayah saat lowong di akhir pekan saja sudah sangat berarti baik bagi si kecil sendiri dan juga Bunda.

 

Tegas tapi lembut

Tips mendidik anak yang pertama adalah menjadi sosok yang tegas namun lembut di saat yang bersamaan bagi si kecil. Ingat, tegas berbeda dengan kasar atau galak. Tegas berarti konsisten dalam mengambil sikap yang berfokus pada kebaikan anak, bukan keinginan anak semata.

 

Berlaku tegas dapat dilakukan dengan lembut, terutama saat berkomunikasi dengan si kecil yang keinginannya tidak dapat Ayah penuhi. Beritahu si kecil dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti alasan hal yang ia inginkan tersebut tidak bisa dilakukan.

 

Contoh saat si kecil ingin terus-menerus meminum air dingin, Ayah dapat dengan tenang menjelaskan apa yang akan terjadi jika si kecil terlalu sering minum es. Beritahu kalau si kecil bisa batuk. Kalau sudah batuk, leher akan terasa tidak nyaman. Kalau sudah tidak nyaman mau makan susah, mau istirahat atau bermain juga susah.

 

Luangkan waktu bersama anak

Seperti sudah sempat disinggung di atas, tips mendidik anak yang bisa Ayah lakukan adalah sesederhana meluangkan waktu bersama si kecil. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bersama, mulai dari bermain bersama, membaca buku, berolahraga, atau aktivitas seru lainnya yang disukai si kecil.

 

Tidak ada salahnya juga bagi Ayah untuk terlibat dan membantu si kecil menyelesaikan pekerjaan rumah atau saat sedang kesulitan memahami pelajaran sekolah. Saat Ayah harus lembur atau pulang lebih lama, melakukan video call dengan si kecil juga akan membuat si kecil merasa istimewa karena Ayah ingat padanya dan mau meluangkan waktu untuk mengobrol di tengah kesibukan.

 

Jadilah role model anak

Tips mendidik anak yang terakhir adalah dengan menjadi role model atau sosok yang dapat dicontoh di rumah maupun di luar rumah. Ini berarti, penting juga bagi Ayah untuk menjaga sikap dengan baik karena segala tindak-tanduk Ayah akan dilihat dan dicontoh oleh si kecil.

 

Jika Anda memiliki anak perempuan, sosok Ayah akan menjadi tolok ukur pertama mereka tentang kualitas seorang pria. Seiring mereka bertumbuh dan bergaul, anak gadis sang Ayah akan tahu sosok laki-laki seperti apa yang baik untuk diajak berteman. Anak gadis Ayah juga jadi tahu bagaimana seharusnya laki-laki memperlakukan perempuan dengan baik.

 

Sementara untuk anak laki-laki Ayah, ia akan tumbuh jadi sosok yang pemberani seperti sang Ayah. Berani bermimpi, berani melakukan hal yang disukai, dan berani menjadi diri sendiri. Anak laki-laki Ayah juga akan jadi tumbuh jadi sosok laki-laki yang sopan dalam bersikap dan juga bertanggung-jawab, serta menghormati perempuan.

 

Semua hal-hal baik yang Ayah lakukan di rumah dan di mana pun akan jadi perhatian si kecil. Itu sebabnya Ayah harus bersuaha menghadirkan nilai-nilai yang dapat ditiru si kecil sedari kecil. Dengan begini, Ayah sudah memberikan pola didikan yang baik dan bermanfaat untuk si kecil saat ia sudah lebih besar nanti.

Tags:

Halaman