ARTIKEL

Tetap Waspada dengan Bantu Si Kecil Adaptasi Kondisi New Normal

Aug 26, 2020 10:54am

Pandemi COVID-19 ini telah membawa perubahan terhadap seluruh kalangan masyarakat, tidak terkecuali terhadap keseharian keluarga. Keadaan new normal yang kita alami sekarang  ini memang sesuatu yang baru, tentunya butuh waktu untuk beradaptasi dengan gaya hidup yang asing ini.

 

Dalam keseharian keluarga, orang tua harus bertanggung jawab dalam membantu si kecil merasa familiar dengan keadaan new normal ini. Tentu bukan pekerjaan yang mudah untuk memperkenalkan hal baru yang begitu signifikan terhadap hidup anak, namun beberapa cara di bawah ini bisa Bunda jadikan panduan agar bisa tetap waspada menuntun anak untuk beradaptasi dengan kondisi new normal.

 

Jelaskan apa itu yang dimaksud dengan new normal

Istilah new normal sering kita dengar sehari-hari, namun tidak bagi anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menjelaskan kepada si kecil mengenai arti kata new normal ini. Sempatkan waktu untuk duduk bersama si kecil dan menjelaskan secara teliti mengenai perubahan ini. Gunakanlah kalimat yang mudah dicerna!

 

Anak harus mengerti bahwa new normal bukan berarti virus COVID-19 sudah hilang. Walaupun virus tersebut masih ada, kita sebagai masyarakat harus tetap menjalankan hidup sehari-hari dengan lebih waspada. New normal berarti menerapkan kebiasaan baru dalam hidup setiap orang untuk memperkecil peluang penularan virus COVID-19. Pastikan si kecil memahami ini dengan seksama, ya.

 

Terapkan gaya hidup sehat

Kesehatan itu mahal, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Pastikan Bunda menjaga kesehatan si kecil agar daya tahan tubuh pun terus dalam kondisi prima. Upayakan agar si kecil cukup beristirahat dengan mengatur jadwal tidur anak minimal 8 jam tiap malamnya. Jika ada waktu untuk tidur siang, akan lebih balik lagi. 

 

Pastikan juga anak berolahraga secara teratur bersama keluarga dan menghirup udara segar setiap harinya. Biasakan agar anak makan tepat waktu, setidaknya 3 kali sehari dengan makanan yang bergizi dan juga konsumsi air putih secukupnya.

 

Mengajarkan si kecil untuk bisa hidup dengan sehat saja tidak cukup. Bunda pun harus menjadi contoh baik dalam penerapan gaya hidup sehat. Ingatlah bahwa kesehatan Bunda juga sangat penting demi membantu anak dalam beradaptasi di kondisi new normal.

 

Jaga kebersihan

Perhatikan tiga langkah dasar berikut ini  yang harus dibiasakan dalam keseharian si kecil agar dapat menjaga kebersihan dan terhindar dari penularan virus corona. Pertama, cuci tangan dengan benar dan sesering mungkin setelah melakukan kontak fisik. Kedua, memakai masker jika bepergian keluar rumah. Ketiga, tentunya menerapkan social distancing atau menjaga jarak kurang lebih 2 meter dari orang lain.

 

Tiga langkah tersebut harus dilakukan dan diajarkan agar menjadi kebiasaan sehari-hari bagi si kecil. Bantu anak agar bisa merasa familiar dengan perubahan gaya hidup tersebut. 

 

Hibur si kecil

Transisi untuk memasuki era new normal ini tentunya tidak akan mudah, baik bagi si kecil maupun orang tua. Hadapilah perubahan ini bersama dan tuntun terus si kecil dalam prosesnya. Penting sekali untuk Bunda mengajak si kecil tetap melakukan berbagai hal menyenangkan agar emosinya tetap terjaga dan tidak paranoid akan perubahan baru ini.

 

Aktivitas yang bisa dilakukan seperti bermain bersama keluarga atau melakukan video call dengan keluarga. Dengan melakukan kegiatan menyenangkan bersama Bunda, si kecil dapat membangun emosi yang positif di tengah situasi pandemi ini. Namun, Bunda tidak boleh lupa bahwa keseimbangan emosi orang tua juga tidak kalah penting dibanding emosi anak. Keseimbangan emosi orang tua harus dijaga karena apa yang dirasakan oleh orang tua pun akan dirasakan oleh anak.

 

Itulah beberapa langkah yang dapat Bunda terapkan untuk membantu si kecil menjalani transisi dalam era new normal. Awalnya tidak akan mudah, namun perlahan akan terbiasa. Ingatlah bahwa kemampuan anak untuk beradaptasi dengan hal baru itu jauh lebih baik dibandingkan orang dewasa, prosesnya akan lebih cepat jika mereka memiliki arahan dan tuntunan yang tepat.

 

Peran Bunda akan sangat penting dalam memberikan wawasan yang luas dan tepat bagi si kecil untuk beradaptasi dengan kondisi new normal. Semangat ya, Bunda!

Tags:

Halaman