ARTIKEL

Tetap Tenang Saat Anak Demam Tinggi, Atasi dengan Cara Ini, Bunda

Dec 30, 2022 2:59pm

Seperti diketahui ya Bund, demam jadi cara tubuh melawan serangan infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun suhu tubuh anak yang tinggi tentu membuat Bunda khawatir. Segala cara dilakukan agar anak merasa nyaman dan suhu tubuhnya turun.

Suhu tubuh normal pada anak yaitu sekitar 36,5 hingga 37,5 derajat Celcius. Anak dapat dikatakan mengalami demam ketika suhu tubuhnya mengalami kenaikan hingga melebihi 38 derajat Celcius.

Tapi sebaiknya jangan langsung panik ketika suhu tubuh anak mendadak tinggi, Bunda. Coba lakukan beberapa cara ini untuk menurunkan suhu tubuh anak yang tinggi di rumah:

  1. Mandikan dengan air hangat

Cara mudah dan dianggap efektif menurunkan suhu tubuh anak yang tinggi adalah dengan mandi air hangat. Cara ini membantu menurunkan suhu tubuh ketika air menguap dari tubuh. Untuk bayi dan balita, Bunda bisa menyeka tubuh si kecil dengan waslap yang telah dibasahi air hangat.

Sebaliknya, hindari mandi air dingin ketika anak demam. Air dingin bisa memicu anak menggigil serta meningkatkan subuh tubuh lebih tinggi lagi.

  1. Beri makanan penurun panas

Anak biasanya akan kehilangan selera makan saat demam. Namun anak membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral untuk menurunkan suhu tubuhnya. Saat demam, berikan anak makanan tinggi kalori, protein, rendah lemah serta tinggi cairan. 

Makanan yang kerap direkomendasikan saat anak demam yaitu sup ayam dan kaldu tulang. Berikan juga si kecil makanan yang mudah dicerna ya, Bunda.

  1. Cukupi kebutuhan cairan anak

Selain makanan, pastikan juga kebutuhan cairan si kecil tercukupi dengan baik. Selain air putih, Bunda bisa memberikan si kecil jus buah, susu, dan air kelapa untuk membantu meningkatkan energi tubuh yang dibutuhkan saat masa pemulihan. Untuk si kecil yang masih menyusu, tingkatkan frekuensi menyusui untuk menggantikan cairan tubuhnya yang hilang.

  1. Beri pakaian yang longgar dan tipis

Hindari memberikan anak pakaian yang panjang dan tebal. Sebaliknya, berikan si kecil pakaian yang longgar dan tipis untuk membantu melepas panas tubuhnya. Pakaian yang tebal malah akan memperburuk kondisi demam si kecil. Bunda bisa memakaikan selimut tipis jika si kecil menggigil.

  1. Mintalah si kecil untuk beristirahat

Anak membutuhkan lebih banyak energi untuk pulih saat demam. Untuk itu, kurangi aktivitas anak dan biarkan anak tidur lebih lama. Jika si kecil tidak mau tidur, Bunda bisa membatasi aktivitasnya. Seperti mengajaknya menggambar dan mewarnai, membaca buku atau bermain bersama di dalam rumah.

  1. Gunakan plester kompres demam

Pengobatan rumahan yang juga efektif menurunkan suhu tubuh anak yaitu dengan kompres demam. Bunda bisa melakukan kompres demam pada area dahi, tengkuk, atau lipatan ketiak dan pangkal paha. Cara praktis yang saat ini banyak dipilih yaitu adalah dengan menggunakan plester kompres demam.

  1. Hirup atau mandi uap

Pada beberapa kasus, demam anak dapat disertai dengan pilek yang membuat pernapasannya terganggu. Nah bila ini terjadi pada si kecil, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mandi uap atau menghirup uap. Cara ini membantu mengencerkan lendir yang turut menjadi penyebab demam pada anak. 

Jangan lupa untuk selalu menyediakan obat-obatan untuk keluarga di rumah. Bunda bisa mendapatkan obat-obatan yang aman dan terpercaya di Konimex Store. Bila kondisi kesehatan anak semakin buruk, segera bawa si kecil ke dokter ya, Bunda.

Tags:

Halaman