ARTIKEL

Si Kecil Tidak Mau Minum Susu? Ini Dia Solusinya!

Apr 25, 2019 12:28pm

Saat anak tidak mau minum susu, sebagai orang tua tentu Bunda dan Ayah merasa khawatir atas tumbuh kembangnya. Terlebih susu mengandung kalsium tinggi dan zat-zat penting lain yang dibutuhkan Si Kecil dalam masa pertumbuhannya. Bahkan susu sudah menjadi bagian dari menu wajib yang harus dikonsumsi dalam daftar 4 sehat 5 sempurna. Lantas, apa yang perlu Bunda lakukan ketika anak tidak mau minum susu? Berikut solusi terbaik yang bisa dilakukan.

 

1. Beri contoh secara langsung

Anak-anak adalah peniru ulung. Apapun yang dilakukan oleh kedua orang tuanya akan ditirukan dalam waktu singkat. Untuk itu, ketika anak tidak mau minum susu, solusi awal yang bisa Ayah dan Bunda lakukan adalah dengan memberi contoh secara langsung. Si Kecil akan sulit minum susu jika kedua orang tuanya juga tidak minum susu. Bunda dan Ayah bisa menemani Si Kecil minum susu bersama meski dengan jenis susu yang berbeda. Dengan cara ini, Si Kecil lebih termotivasi untuk ikut minum susu seperti orang tuanya.

 

2. Ajak minum susu sambil bermain

Si Kecil cukup aktif bermain setiap harinya? Kali ini Bunda bisa mencobak ajak Si Kecil minum susu sambil bermain. Misalnya, dengan mengajak Si Kecil bermain tebak warna, tebak gambar, atau menyusun lego. Jika mulai menunjukkan tanda-tanda haus, Bunda bisa memberinya susu sebagai pengganti air putih. Berikan penjelasan bahwa susu bisa memberi tenaga untuk memenangkan permainan. Jadi, Si Kecil tidak lagi menolak untuk minum susu.

 

3. Cari spot minum susu terbaru

Biasanya Ayah dan Bunda akan mengajak Si Kecil minum susu di meja makan atau di dalam kamar, tentu aktivitas rutin yang selalu dilakukan ini bisa menimbulkan kebosanan. Untuk menyiasati hal tersebut, Bunda bisa mencarikan spot terbaru yang dijadikan tempat nyaman bagi Si Kecil menghabiskan susunya. Teras rumah atau ruang keluarga bisa menjadi alternatif spot minum susu terbaru bagi Si Kecil.

 

4. Beri variasi rasa agar tidak mudah bosan

Ada banyak penyebab anak tidak mau minum susu, bosan menjadi pemicu yang paling utama. Oleh karena itu, sebagai orang tua Bunda perlu peka terhadap hal ini. Di samping mencarikan spot minum susu terbaru, bisa juga memberi variasi rasa agar Si Kecil lebih tertarik untuk minum dan menghabiskan susunya. Jika biasanya Bunda memberikan susu rasa madu, kali ini mungkin bisa mencoba varian rasa lain seperti vanilla atau full cream.

 

5. Coba produk olahan susu

Bunda bisa menyiasati anak yang tidak mau minum susu melalui produk olahan susu dengan kandungan zat gizi yang sama. Beberapa produk olahan susu yang bisa Bunda pertimbangkan seperti yogurt, keju, dan mentega. Selain memiliki rasa yang enak dan digemari Si Kecil, ketiga produk olahan susu tadi juga kaya akan vitamin D, vitamin B12, kalsium dan zat-zat lain yang berperan penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

 

Anak tidak mau minum susu memang menjadi PR khusus bagi Bunda dan Ayah di rumah. Namun, beberapa alternatif solusi tadi bisa dipertimbangkan agar Si Kecil tidak lagi menolak ketika diberi susu. Perlu diingat, jangan sekali-kali memaksa anak untuk minum susu karena hal ini justru akan membuatnya lebih tidak menyukai susu. Sebaliknya, lakukan trik-trik khusus agar Si Kecil mau minum susu dengan senang hati. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Bunda!

Tags:

Halaman