ARTIKEL

Si Kecil Batuk dan Flu di Tengah Naiknya Angka Covid, Harus Bagaimana?

Aug 11, 2022 9:56am

Batuk, pilek dan flu merupakan tiga penyakit yang paling sering menyerang anak-anak. Kondisi ini adalah hal yang normal terjadi pada anak karena daya tahan tubuhnya yang belum sempurna. Tidak hanya sistem imun tubuhnya yang masih berkembang, perubahan cuaca turut meningkatkan risiko penularan batuk dan flu pada anak-anak.

Namun Bunda perlu waspada bila anak terserang batuk dan flu di tengah naiknya kembali kasus Covid-19. Apalagi jika Bunda dan si kecil kerap bepergian ke luar rumah, seperti pergi ke sekolah, berbelanja ke pusat perbelanjaan atau sekedar bermain di taman bermain bersama tetangga.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Bunda lakukan bila anak kembali terserang batuk dan flu di tengah meningkatnya kasus Covid:

Berikan obat batuk dan flu khusus anak yang ada di rumah

Saat anak menunjukkan gejala batuk dan flu, segera berikan obat untuk meredakan penyakitnya. Pastikan obat batuk dan flu yang Bunda berikan pada si kecil sudah diformulasikan khusus untuk anak-anak.

Segera lakukan tes antigen atau pcr

Bila perlu, ajak si kecil melakukan swab atau pcr untuk memastikan kondisi kesehatannya. Apalagi jika sebelumnya si kecil aktif bermain serta bepergian ke luar rumah seperti pergi ke sekolah atau taman bermain. Hal ini tentu membuat anak-anak berisiko terpapar virus covid saat berada di luar rumah.

Pastikan seluruh anggota keluarga menggunakan masker di dalam rumah

Sebagai alternatif, Bunda bisa meminta si kecil untuk melakukan isolasi mandiri di dalam rumah saat sedang batuk dan flu. Jangan lupa untuk memastikan seluruh anggota keluarga memakai masker di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan kembali pada anggota keluarga lainnya.

Pantau perkembangan kondisi anak

Meski sudah diberikan obat-obatan dan beristirahat total di rumah, pastikan Bunda tetap memantau kondisi kesehatan anak. Periksa suhu tubuh anak dengan menggunakan thermometer untuk mendapatkan hasil yang akurat. Serta berikan si kecil makanan dan minuman yang membantu dalam  masa penyembuhannya.

Periksa ke dokter jika kondisi anak tidak menunjukkan peningkatan

Namun bila kondisi kesehatan anak tak kunjung membaik serta batuknya tak kunjung menghilang dalam waktu satu minggu, jangan ragu untuk segera membawa si kecil ke dokter. Flu dan batuk pada anak biasanya akan segera menghilang dalam waktu kurang dari 7 hari.

Tidak ada salahnya untuk selalu siap sedia obat-obatan untuk seluruh anggota keluarga di rumah. Termasuk menyediakan obat-obatan khusus anak yang aman dan terpercaya. Salah satunya adalah sediakan Anakonidin OBH, sirup obat batuk dan flu tanpa alkohol dengan rasa strawberry yang disukai anak-anak. Meredakan batuk dan gejala flu seperti demam, sakit kepala,hidung tersumbat, serta bersin.

Tags:

Halaman