ARTIKEL

Sering Tidak Disadari, Inilah 5 Penyebab Cacingan Pada Anak

Jul 25, 2019 6:59pm

Penyakit cacingan yang kerap diderita oleh anak-anak masih sering disepelekan. Padahal penyakit ini dapat menyebabkan hal buruk jika tidak segera ditangani. Mencegah penyakit cacingan sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah mengetahui penyebab anak cacingan yang sering diabaikan. Apa sajakah penyebabnya? Berikut lima di antaranya yang perlu Bunda ketahui.

 

Lupa mencuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan memang sepintas terlihat sepele. Namun, manfaatnya sangat besar bagi kesehatan, terutama pada kesehatan anak-anak. Sering kali penyebab anak cacingan dikarenakan lupa atau lalai mencuci tangan sebelum makan. Sekilas tangan anak terlihat bersih, tapi bila dilihat lagi dengan menggunakan mikroskop, bisa terlihat telur cacing maupun kuman berbahaya lainnya.

Terutama ketika anak-anak sehabis bermain dan memegang benda-benda kotor seperti tanah. Kuman dan telur cacing bisa menempel di tangan mereka. Kemudian, jika tidak cuci tangan, kuman akan menyebar maupun terkontaminasi dengan makanan yang dia makan dan masuk ke dalam tubuh.

 

Tidak memakai alas kaki saat bermain

Membiarkan anak bermain di luar rumah memang tidak ada salahnya. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan syaraf motorik anak dan membuat mereka lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Namun, di sisi lain bermain di luar rumah bila tidak melakukan persiapan sebelumnya berpotensi menjadi penyebab anak cacingan.

Contohnya saja ketika anak bermain di luar rumah tidak memakai alas kaki atau sandal. Sebab, kuman tidak hanya menempel pada tangan saja, melainkan juga pada kaki. Kemudian, bila setelah bermain anak tidak cuci kaki dan masuk rumah, bakteri maupun telur cacing tersebut bisa terbawa angin dan mengkontaminasi makanan yang di simpan di tempat terbuka.

 

Konsumsi makanan yang belum matang

Penyebab anak cacingan bukan saja karena aktivitas anak itu sendiri. Bisa juga karena faktor lain, seperti mengonsumsi makanan yang belum benar-benar matang. Beberapa daging memang mengandung cacing pita meskipun jumlahnya tidak banyak.

Oleh karena itu, sebelum memasak pastikan daging benar-benar bersih dan sempurna. Begitu juga ketika Bunda membelinya, harus memeriksanya terlebih dahulu. Lalu, setelah langkah tersebut dilakukan, masaklah daging dengan suhu tertentu agar matang dengan sempurna. Dengan begitu, anak pun terhindar dari cacing pita maupun bakteri penyebab cacingan lainnya yang berbahaya.

 

Jajan sembarangan

Bunda pun perlu untuk mengawasi aktivitas anak di sekolah maupun di rumah, khususnya saat mereka jajan. Sebab, jajanan yang mereka makan sembarangan bisa berpotensi sebagai penyebab anak cacingan. Makanan tersebut mungkin saja terkontaminasi kotoran dan debu yang terbawa angin, sehingga makanan pun menjadi tidak higienis dan banyak kuman. Kuman tersebut akan masuk ke dalam tubuh ketika jajanan dikonsumsi.

 

Kebersihan anus kurang terjaga

Jenis penyakit cacingan pada anak memang bermacam-macam, salah satunya adalah cacing kremi. Penyebab anak cacingan kremi ini ialah kebersihan pada anus anak yang tidak terjaga dengan baik. Gejala umumnya ialah rasa gatal di sekitar anus yang sangat mengganggu pada anak. Bunda bisa memperhatikan anak, bila ia menggaruk bagian anusnya, bisa jadi ada telur cacing yang akan pecah dan larvanya secara perlahan akan masuk dalam dubur.

Lalu, ketika digaruk telur tersebut dapat terkontaminasi pada jari dan kuku anak dan benda lain di sekitarnya. Maka, untuk mencegah hal ini terjadi, Bunda pun harus rajin memperhatikan kebersihan kuku pada anak. Begitu juga dengan kebersihan pada area genitalnya, termasuk mengajari anak membersihkan organ intim agar terhindar dari penyakit cacingan.

 

Kini, setelah Bunda mengetahui penyebab anak cacingan, maka kini saatnya untuk lebih mengawasi aktivitas anak dan menjaga kebersihannya setelah beraktivitas. Khususnya untuk aktivitas di luar rumah. Jangan lupa juga berikan obat cacing rutin setiap 6 bulan sekali yaa Bun. Semoga si kecil terbebas dari cacingan ya!

Tags:

Halaman

Artikel Terkait