ARTIKEL

Rekomendasi Aktivitas Anak Seru Selama Social distancing

Jun 26, 2020 10:26am

Pemerintah akan mempraktikkan pola new normal dengan penerapan beberapa protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini. Salah satu aktivitas new normal yang dikabarkan akan diaktifkan kembali adalah aktivitas belajar di sekolah. Walaupun sudah bisa kembali belajar di sekolah, interaksi dengan teman tentu saja masih dibatasi. Hal ini mungkin sulit diterima oleh si kecil sehingga membuat sekolah tidak seseru biasanya. Oleh sebab itu, Bunda bisa mengambil alih peran untuk menghadirkan aktivitas seru ini di rumah.

Membuat camilan bersama

Aktivitas seru untuk dilakukan bersama si kecil di rumah yang pertama adalah membuat camilan bersama, terutama camilan favorit si kecil. Nah Bunda, daripada membeli camilan kemasan atau jajanan di luar, yuk buat sendiri saja di rumah! Ajak si kecil untuk membantu Bunda agar membuat camilan bisa lebih seru.

Agar si kecil bisa lebih semangat, beri si kecil kesempatan untuk mencari ide camilan apa yang nanti akan dibuat bersama. Arahkan si kecil agar memilih camilan yang mudah dibuat dan yang bahannya tidak sulit dicari. Setelah sepakat ingin membuat camilan apa, bagi tugas dengan si kecil saat membuat camilan.

Membaca buku

Aktivitas seru seperti membaca buku bisa dilakukan dengan anak-anak hampir di segala usia, apalagi jika sang buah hati sudah bisa memahami percakapan dan berkomunikasi. Membacakan buku, atau membaca bersama bisa jadi cara menyenangkan untuk mendukung tumbuh kembang sang anak seperti melatih kemampuan membaca, berkomunikasi, dan memahami konsep tertentu.

Selain itu, membaca buku juga bisa memicu daya kreativitas dan imajinasi anak. Makanya perlu diperhatikan buku apa yang harus Bunda beri untuk si kecil baca. Untuk menumbuhkan minat baca di awal, mulailah dari sesuatu atau tema tertentu yang disukai si kecil seperti kesenian, astronomi anak, robot, atau ensiklopedia fakta-fakta menarik untuk si kecil. Buku yang bergambar juga bisa jadi pilihan untuk menarik minat si kecil.

Bermain boardgame

Jika sudah mulai bosan di rumah saja, bermain selalu bisa jadi pilihan yang menyenangkan untuk mengusir kebosanan. Namun karena tidak bisa keluar rumah, Bunda bisa mengajak si kecil untuk bermain board game, apalagi saat ini ada banyak sekali jenis board game keluarga yang bisa dimainkan bersama. Mainkan board game yang sesuai dengan usia si kecil saja agar ia lebih mudah memahami permainannya.

Board Game seru seperti Candy Land, Scrabble, Twister atau Monopoli bisa jadi pilihan Bunda. Libatkan seluruh orang di dalam rumah untuk bermain bersama, semakin ramai akan semakin seru. Bermain board game bisa jadi salah satu cara untuk me-refresh diri setelah belajar di rumah selama lima hari.

Kesenian dan kerajinan tangan

Bagi Anda yang memiliki buah hati dengan ketertarikan khusus di bidang seni, membuat karya seni atau kerajinan tangan di rumah akan jadi aktivitas seru yang dinantikan si kecil. Bunda bisa mengajak si kecil menggambar atau melukis bersama di berbagai medium, seperti kertas, gabus, atau kardus.

Jika bosan melukis, Bunda juga bisa buat kerajinan tangan bersama. Misalnya membuat origami atau miniatur rumah dengan stik es krim dan bahan-bahan sisa yang bisa ditemukan di dalam rumah. Merancang gambar dengan mozaik juga bisa jadi pilihan Bunda untuk mengasah kemampuan seni dan daya kreativitas sang buah hati.

Olahraga bersama

Buat anak-anak yang aktif, aktivitas akan jadi lebih seru jika melibatkan gerak tubuh yang sama aktifnya. Bunda bisa memilih beberapa olahraga sederhana untuk dilakukan bersama sembari bermain, seperti bermain bola kaki di halaman rumah. Bunda bisa juga mengajaknya menari mengikuti instruktur yang sedang mengajarkan tarian untuk anak-anak.

Jika sang buah hati sudah cukup besar, Bunda dapat mengajaknya bermain badminton di halaman rumah bersama. Permainan outdoor lain yang juga bisa Bunda coba agar si kecil aktif bergerak adalah melakukan lari estafet bersama anggota keluarga yang lain.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Bunda mainkan bersama si kecil, tetapi komunikasikanlah terlebih dahulu dengan si kecil. Buat rencana bersama, dan pacu rasa antusiasnya. Beri ia motivasi agar semangat menyelesaikan terlebih dahulu tugas-tugasnya sebelum nanti bermain bersama.

Meta desc   : Agar tidak bosan selama social distancing ini dia beberapa rekomendasi aktivitas seru bersama anak di rumah.

Tags:

Halaman