ARTIKEL

Permainan yang Cocok untuk Menstimulasi Bakat Anak Sejak Dini

May 21, 2021 11:14am

Proses belajar pada anak tidak hanya sebatas di sekolah, Bunda. Belajar bisa dimana saja dan kapan saja, termasuk saat berada di rumah. Beberapa permainan yang biasa dimainkan anak bahkan bisa membantu mengasah bakat dan kemampuan si kecil.

 

Perlu Bunda ketahui, sangat penting untuk mengetahui bakat anak sejak usia dini. Hal ini bertujuan agar Bunda dapat mengembangkan bakat anak serta fokus si kecil. Agar lebih optimal, Bunda bisa memberikan permainan-permainan yang dapat mengasah bakat si kecil. 

 

Lalu apa saja ya Bunda permainan yang bisa mengasah bakat anak? Berikut penjelasannya!

 

Menyusun Balok

Menyusun balok menjadi permainan dasar yang sudah lama dikembangkan. Bunda bisa menyiapkan serangkaian balok dengan aneka ukuran. Pilihlah balok berwarna-warni yang menarik perhatian si kecil.

 

Biarkan si kecil menyusun balok beraneka bentuk dan warna tersebut sesuai dengan imajinasinya. Sambil menemani anak bermain, Bunda juga bisa mengenalkan beragam warna hingga membantu anak mengasah kreativitasnya.

 

Bermain Peran / Profesi

Permainan ini merupakan cara tepat mengasah kreativitas dan imajinasi anak. Bunda bisa mengajak si kecil memainkan peran atau profesi sesuai keinginannya, seperti dokter, perawat, juru masak, atau polisi. Melalui permainan ini, Bunda dapat menanamkan nilai moral yang baik serta membantu anak agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

 

Puzzle

Permainan puzzle memiliki banyak manfaat untuk anak lho, Bunda. Menyusun potongan-potongan puzzle membantu mengembangkan rasa percaya diri anak dalam menyelesaikan masalah dan teka-teki. 

 

Bermain puzzle juga membantu anak melatih kecerdasan intelektual, psikomotor, hingga psikologisnya. Permainan ini melatih koordinasi mata dan tangan anak hingga daya nalar dan logikanya ketika meletakkan potongan puzzle di tempat yang tepat.

 

Board Game

Jenis board game atau permainan papan yang dapat dimainkan anak seperti ular tangga, catur, mouse trap, dan sebagainya. Bunda bisa memilihkan board game sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Permainan ini melatih kecerdasan anak dalam menyusun strategi serta mengajarkan si kecil kesabaran dan kesadaran untuk mengantri menunggu gilirannya bermain.

 

Melipat Kertas

Permainan melipat kertas atau origami dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak serta kecerdasan otaknya. Permainan melipat kertas juga mengasah imajinasi dan kreativitas si kecil, Bunda.

 

Saat melipat kertas, anak menggunakan jari-jarinya untuk membuat sebuah bentuk dari kertas. Anak akan semakin terampil menggerakkan jarinya serta mengasah kreativitasnya melipat kertas menjadi bentuk yang diinginkan. Tentunya, dibutuhkan juga peran Bunda dalam membantu si kecil melipat dan membentuk kertas menjadi bentuk yang diinginkan ya.

 

Alat Musik

Mengenalkan alat musik pada anak sejak dini juga punya beragam manfaat, Bunda. Bermain alat musik dapat memperkuat kemampuan kognitif anak, mengembangkan kemampuan motorik, mengasah kepekaan indera pendengaran, meningkatkan kemampuan berkomunikasi saat bernyanyi, serta membuat anak bebas berekspresi.

 

Bunda bisa menggunakan beragam benda untuk dijadikan alat musik di rumah, seperti ember, gelas dan sendok. Cara ini dapat melatih kemampuan anak menciptakan komposisi musik sederhana dengan bunyi-bunyi yang ia buat.

Tags:

Halaman