ARTIKEL

6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Jun 02, 2024 8:42pm

Hidung tersumbat adalah kondisi dimana salah satu atau dua tidak dapat berfungsi dengan baik atau terhambat akibat rongga hidung yang dipenuhi lendir. Kondisi ini sering dialami jika anak sedang flu. Hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi atau polusi.

Meskipun tidak berbahaya, hidung tersumbat dapat membuat anak tidak nyaman dan akhirnya mencoba membuang ingus dengan keras. Padahal cara tersebut cukup berbahaya jika dilakukan terlalu sering, lebih baik menggunakan cara alami saja.

 

Lantas, apa yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi masalah ini? Yuk, terapkan sederet tips ini untuk melegakan hidung tersumbat.  

  

  • Uap air hangat

 

Cara paling mudah untuk melegakan hidung tersumbat adalah dengan menghirup uap air hangat. Bunda cukup menuangkan air hangat ke dalam baskom, kemudian bentangkan handuk di belakang kepala anak. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih untuk mempercepat lendir cair.

Efek dari metode ini mungkin hanya jangka pendek saja, namun bisa dilakukan sebelum tidur agar si kecil lebih nyaman beristirahat. Ulangi metode ini sebanyak 2 kali sehari di pagi dan malam hari.

 

  • Gunakan humidifier

 

Tahukah bunda bahwa udara yang terlalu kering juga dapat memicu penyakit seperti flu dan radang tenggorokan? Flu akibat udara kering bisa terjadi karena butir-butir tanah yang mengering beterbangan dan ikut terhirup saat bernafas. Itulah sebabnya bunda harus memiliki humidifier di rumah. 

Humidifier atau pelembab udara berfungsi untuk menjaga kelembaban udara di dalam ruangan, terutama dalam ruangan dingin. Alat ini bekerja dengan cara menyemprotkan uap dari air yang sudah diisi ke dalam wadah humidifier.

Walaupun harganya cukup mahal, humidifier sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti membantu mengatasi kulit kering, pilek, hidung tersumbat, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. Letakkan humidifier di kamar tidur, ruang keluarga, dan juga ruang tamu.

 

  • Berjemur di pagi hari

 

Berjemur dan menghirupp udara segar di pagi hari dapat meringankan hidung tersumbat. Lakukan kegiatan ini selama 10 menit pada pukul 7-9 pagi. Berjemur di pagi hari juga menambah produksi vitamin D pada tubuh kita secara alami, lho.

 

  • Tumpuk bantal saat tidur

 

Jika si kecil tidak bisa tidur dengan posisi tubuh terlentang, cobalah untuk menaruh 2 bantal agar posisi kepala anak lebih tinggi dari badan. Namun jangan sampai posisinya terlalu tinggi karena dapat menyebabkan kram leher. Selain itu, si kecil bisa berbaring miring ke arah hidung yang tersumbat.  Walaupun cara ini tidak menyembuhkan secara total, namun ampuh untuk mencairkan lendir agar si kecil dapat tidur nyenyak.

 

  • Hindari paparan polusi

 

Polusi juga bisa menyebabkan berbagai penyakit saluran pernafasan, salah satunya pilek. Apalagi jika si kecil memiliki alergi debu. Maka dari itu, biasakan anak untuk memakai masker setiap keluar rumah. Selain menghindari polusi, memakai masker juga dapat meminimalisir resiko tertular penyakit menular lain.

 

  • Berikan obat untuk hidung tersumbat

 

Selanjutnya, bunda bisa berikan si kecil obat untuk mengatasi hidung tersumbat. Obat sirup terbaik yang bisa bunda pilih adalah Anakonidin OBH. Anakonidin OBH adalah sirup obat batuk dan flu tanpa alkohol dengan rasa strawberry yang untuk membantu meredakan batuk dan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, serta bersin.

Bunda bisa beli Anakonidin OBH, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex estore, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Itulah sederet cara ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat dengan aman. Sangat mudah, kan? Cara ini bisa bunda lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke dokter. Namun, pilek sudah berlangsung terlalu lama, segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.



Artikel Lainnya : Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter Ketika Anak Mengalami Batuk dan Flu



Tags:

Halaman