ARTIKEL

Mengatasi Cacingan dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Apr 15, 2021 9:16am

Cacingan merupakan gangguan kesehatan akibat adanya cacing parasit yang menginfeksi di dalam tubuh. Cacingan biasanya paling sering terjadi pada anak-anak. Tetapi tidak cacingan juga bisa terjadi pada orang dewasa.

 

Meski umum dialami anak-anak, cacingan tidak bisa disepelekan, Bunda. Lakukan pencegahan dan pengobatan sesegera mungkin jika Bunda mengetahui si kecil mengalami kondisi ini. Cacingan pada anak bisa berdampak buruk pada kesehatan dan tumbuh kembang anak.

 

Jenis-jenis cacing parasit penyebab cacingan terdiri dari lima jenis, yaitu:

  • Cacing kremi (Enterobius vermicularis), 
  • Cacing gelang (Ascaris lumbricoides), 
  • Cacing tambang (Ancylostoma duodenale), 
  • Cacing tambang (Necator americanus),dan 
  • Cacing Trichostrongylus colubriformis dn Orientalis

 

Dampak Buruk Cacingan Pada Anak

 

Cacingan memiliki bahaya dan dampak buruk bagi kesehatan anak. Kondisi ini dapat menyebabkan anak mengalami kehilangan nafsu makan, diare, disentri, lemah, lesu, mengantuk, malas belajar, dan jika dibiarkan akan mengakibatkan anak kekurangan nutrisi yang menghambat tumbuh kembangnya.

 

Cacingan juga berdampak buruk pada kecerdasan anak. Kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh secara terus menerus ini yang menyebabkan IQ anak menurun.

 

Bahan Alami Mengatasi Anak Cacingan

 

Untuk mengatasinya, Bunda perlu memberikan obat yang tepat saat anak cacingan. Namun di samping itu, ada juga bahan alami yang ada di rumah yang bisa Bunda gunakan untuk mengobati anak cacingan. Bahan alami untuk mengatasi anak cacingan di antaranya sebagai berikut:

 

Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat antiparasit yang dapat membasmi telur cacing dan mencegah cacing lebih banyak bertelur di dalam tubuh. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

 

Cara mengobati anak cacingan adalah dengan mengonsumsi bawang putih mentah secara langsung atau dicampurkan ke dalam makanan. Untuk pengobatan luar, bisa juga dengan mencampurkan bawang putih halus atau yang telah diparut dengan petroleum jelly lalu oleskan pada area anus yang gatal akibat telur cacing.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) telah dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk cacingan. Sifat antibakteri, antivirus, dan anti parasit menjadikan minyak kelapa dipercaya dapat membasmi cacing dalam tubuh.

 

Cara mengatasi cacingan dengan minyak kelapa yaitu dengan mengonsumsi 1 sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi, bisa juga digunakan sebagai olesan pada area anus yang gatal.

 

Makanan dengan Serat

Makanan kaya serat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Salah satunya adalah wortel dengan kandungan serat yang tinggi. Rutin mengonsumsi wortel dipercaya dapat mendorong cacing parasit keluar dari usus. Untuk mengobati cacingan, disarankan untuk memakan wortel 2 kali sehari. Jangan lupa cuci bersih dulu wortelnya, Bunda.

 

Jahe

Tidak hanya menyehatkan saluran pencernaan, senyawa gingerol dalam jahe juga membantu membasmi cacing parasit dalam usus. Mengobati cacingan dengan jahe caranya cukup mudah. Yaitu cincang atau geprek 2,5-5 cm jahe, tambahkan secangkir air lalu rebus selama 5 menit. Saring airnya dan tunggu hingga agak dingin untuk mengonsumsinya.

 

Pepaya

Sebuah studi dalam Journal of Medicine Food menunjukkan bahwa anak di atas 1 tahun yang mengonsumi pepaya dan madu memiliki kotoran yang lebih bersih dari parasit penyebab cacingan. Jika si kecil kurang menyukai pepaya utuh, Bunda bisa membuat olahan lain dengan tambahan pepaya di dalamnya.

 

Cengkeh

Senyawa eugenol dalam cengkeh merupakan antibakteri yang kuat. Cengkeh dapat memicu penghancuran parasit dalam usus, termasuk larva dan telurnya. Cara mengobati cacingan dengan cengkeh yaitu dengan merebus 2-3 siung cengkeh dalam secangkir air selama 5 menit. Saring dan tunggu hingga dingin. Bunda bisa menambahkan madu sebagai pemanis alaminya.

Tags:

Halaman