ARTIKEL

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Mengatasi Demam

Aug 04, 2024 12:17pm

Orang tua banyak menggunakan bahan alami untuk membantu penyembuhan penyakit untuk anak. Salah satu bahan alami yang sering digunakan adalah air kelapa hijau. Sejak dulu, air kelapa hijau dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Air kelapa sudah bisa diberikan sejak anak usia 6 bulan atau sudah mendapatkan MPASI.

Selain menyegarkan, air kelapa juga enak rasanya. Terdapat dua jenis air kelapa, yaitu air kelapa muda dan air kelapa hijau. Keduanya sama-sama bermanfaat, perbedaannya terdapat pada ketebalan buah dan rasanya, Air kelapa muda cenderung lebih gurih karena bercampur dengan daging buahnya yang tebal. Sementara air kelapa hijau terasa lebih manis.

Namun, air kelapa hijau lebih sering dikonsumsi sebagai obat alami dan penambah cairan. Manfaatnya antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menurunkan demam, serta mengatasi dehidrasi.

Ingin tahu kandungan nutrisi dan manfaat lain dari air kelapa hijau? Benarkah air kelapa hijau dapat meringankan demam? Yuk, simak artikel ini!

Kandungan Air Kelapa Hijau
Kandungan nutrisi pada buah kelapa tergantung pada umur kelapa itu sendiri. Namun, secara umum buah kelapa hijau memiliki kandungan air, kalori, karbohidrat, serat, mineral dan protein. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin, seperti vitamin C dan B. Serat, kandungan mineral seperti potassium, magnesium, sodium, dan kalsium.

Kandungan potasium yang tinggi berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan, fungsi saraf, dan kontraksi otot. Sementara kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan fungsi otot.

Air kelapa hijau juga terkenal dengan kandungan elektrolitnya, terutama kalium dan natrium. Elektrolit ini membantu untuk menghidrasi, menyegarkan, serta mengembalikan keseimbangan elektrolit setelah berkeringat atau aktivitas fisik Itulah sebabnya banyak minuman penyegar yang menggunakan air kelapa sebagai bahan utamanya. Kandungan antioksidan yang tinggi juga dapat membantu menetralisir radikal bebas berbahaya dalam tubuh

Manfaat Air Kelapa Hijau
Banyak yang mempercayai air kelapa hijau untuk mengatasi demam dan penyakit lainnya. Mulai dari daging sampai air kelapa hijau memiliki manfaat yang hebat, di antaranya:

1. Meningkatkan energi
Kandungan gula alami dan elektrolit dalam air kelapa hijau dapat meningkatkan energi dengan cepat, maka dari itu air kelapa hijau sangat cocok jika diminum setelah olahraga atau saat badan sedang kelelahan.

2.
Mencegah dehidrasi
Elektrolit pada buah ini berguna untuk mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, air kelapa hijau sangat dianjurkan untuk diminum saat sedang diare, demam berdarah atau penyakit lain yang membuat si kecil kehilangan banyak cairan.

3.
Membantu meredakan demam
Air kelapa hijau mengandung banyak vitamin dan mineral untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, ada sensasi dingin dari air kelapa hijau yang dapat mendinginkan tubuh dan menurunkan suhu badan.

Bunda bisa menambahkan perasan lemon ke dalam air kelapa untuk penambah rasa. Jangan ditambahkan es, gula atau pemanis buatan lainnya, ya.

Meskipun memiliki banyak manfaat, air kelapa tidak sama dengan obat medis. Fungsinya hanya untuk menambah cairan dan membantu meredakan demam. Nah. untuk meredakan demam dengan lebih cepat, bunda bisa memberikan si kecil
Termorex.

Termorex, merupakan sirup obat dengan kandungan paracetamol untuk membantu meredakan demam pada anak seperti setelah imunisasi, sakit kepala, dan sakit gigi. Termorex telah menjadi sirup obat demam andalan para ibu di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Hadir dengan rasa jeruk dan bebas alkohol.

Bunda bisa beli Termorex, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex store, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Ternyata kandungan nutrisi pada air kelapa hijau sangat baik untuk mengatasi demam, namun bukan sebagai pengobatan utama. Si kecil tetap harus istirahat yang cukup, minum air putih, menjaga pola makan, dan pastinya minum Termorex!

BACA JUGA: Anak Demam Saat Sakit Gigi? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tags:

Halaman