ARTIKEL

Anak Demam Saat Sakit Gigi? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jun 02, 2024 8:31pm

Seiring bertambahnya usia, gigi anak-anak juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan gigi anak umumnya dimulai pada usia 4 bulan sampai usia 7 tahun. Setelah itu gigi susu akan digantikan dengan gigi tetap. Masa pertumbuhan gigi tersebut sering diikuti oleh demam. Jangankan anak-anak, orang dewasa terkadang juga mengalaminya saat ada gigi yang bolong.

Demam saat sakit gigi merupakan hal yang wajar dan tidak membahayakan. Namun, kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas anak. Lantas, apa penyebab anak sakit gigi disertai demam? Bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini sampai habis, ya!

 

Penyebab Anak Sakit Gigi Disertai Demam

Walaupun demam sering dikaitkan dengan pertumbuhan gigi, sebenarnya demam tidak disebabkan oleh gigi yang tumbuh, melainkan peningkatan suhu tubuh akibat peradangan gusi di sekitar gigi yang akan tumbuh.

Biasanya demam akan hilang dalam beberapa hari, namun peradangan bisa saja terjadi pada setiap gigi yang tumbuh. Demam juga bisa terjadi karena respon tubuh dalam melawan bakteri jika ada gigi berlubang.

 

Cara Mengatasi Anak Demam Saat Sakit Gigi

Demam saat sakit gigi biasanya tidak memerlukan perawatan khusus, namun bunda disarankan konsultasi ke dokter gigi jika tak kunjung sembuh, terutama bila disertai dengan nyeri telinga saat membuka mulut.

Untuk perawatan dirumah, bunda bisa memberikan anak makanan bersuhu sedang, jangan terlalu dingin, jangan terlalu panas. Kemudian, kompres pipi anak dengan Termorex Patch.

Termorex Patch, plester kompres untuk meredakan panas demam pada si kecil dengan rasa dingin yang dapat bertahan hingga 8 jam serta daya lekat kuat namun tetap lembut di kulit si Kecil. 

 

Termorex Patch, plester kompres demam ini bisa ditempelkan pada dahi, pergelangan tangan, atau lipatan ketiak si kecil. Bunda juga dapat mengkombinasikan penanganan demam si Kecil dengan menggunakan Termorex Patch, plester kompres demam berbarengan dengan pemberian obat sirup Termorex.

 

Sementara itu, untuk meringankan demamnya, bunda juga bisa memberikan si kecil Termorex. Termorex, merupakan sirup obat dengan kandungan paracetamol untuk membantu meredakan demam pada anak seperti setelah imunisasi, sakit kepala, dan sakit gigi. 

Termorex telah menjadi sirup obat demam andalan para ibu di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Hadir dengan rasa jeruk dan bebas alkohol.

Bunda bisa beli Termorex dan Termorex Patch di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex store, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

 

Tags:

Halaman