ARTIKEL

Makan Parutan Kelapa Bisa Buat Anak Cacingan?

Apr 26, 2021 5:38pm

Banyak orang meyakini bahwa makan parutan kelapa dapat menyebabkan anak cacingan. Namun, apakah itu benar? Faktanya, infeksi cacing merupakan infeksi parasit usus yang umum terjadi, khususnya pada anak-anak usia sekolah. 

 

Hal ini terjadi karena makanan yang terkontaminasi telur cacing. Malasnya anak mencuci tangan menjadi salah satu penyebab yang paling umum. Biasanya, setelah bermain di taman, mereka langsung menyentuh makanan dan menyantapnya. Tanpa sadar, terdapat telur-telur cacing di sela-sela kuku dan jarinya yang tertinggal setelah ia bermain.

 

Setelah tertelan, parasit telur cacing ini akan masuk ke dalam tubuh melalui sistem pencernaan. Cacing ini dapat menetas dan hidup di dalam sana. Parasit ini bahkan bisa saja bertelur pada area lipatan kulit di dekat anus. Kondisi inilah yang kemudian dapat menyebabkan anak-anak mengalami rasa terbakar atau rasa gatal yang ekstrim di sekitar anus. 

 

Pengobatan Alami untuk Infeksi Cacingan

Ada beberapa rekomendasi dari orangtua yang turun temurun diyakini dapat mengatasi cacingan. Mulai dari dengan mengonsumsi bawang putih mentah, wortel mentah, hingga minyak kelapa. 

 

Namun, pengobatan ini bukan pengobatan lini pertama yang direkomendasikan. Pasalnya, masih belum banyak penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa asupan-asupan tersebut dapat mengatasi infeksi cacingan. Ini berarti, tidak ada data ilmiah mendukung penggunaan pengobatan rumahan untuk cacing kremi.

 

Kalaupun ada orang yang mengaku berhasil mengatasi cacingan dengan perawatan alami rumahan tersebut, itu hanya bersifat anekdotal di mana apa yang mungkin berhasil untuk orang lain mungkin tidak berhasil untukmu. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah infeksi cacing dengan efektif?

 

Cara terbaik untuk mengatasi cacingan adalah dengan memastikan si kecil selalu menjaga kebersihan. Ajarkan anak sejak dini untuk terbiasa mencuci tangan setelah bermain dan sebelum makan. Pastikan juga ia memahami teknik mencuci tangan yang benar serta selalu menggunakan sabun untuk mematikan kuman, bakteri, virus, dan parasit yang mungkin menempel di tangan.

 

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa anak selalu mendapatkan asupan obat cacing yang rutin untuk mematikan parasit yang mungkin tidak sengaja termakan oleh anak. Nah, salah satu obat cacing yang recommended untuk kamu siapkan di rumah adalah Konvermex. Konvermex adalah obat cacing keluarga yang tersedia dalam varian suspense dan tablet/kaplet sehingga mudah untuk dikonsumsi anak-anak dan dewasa.  

 

Obat cacing keluarga Konvermex mengandung bahan aktif Pyrantel Pamoate yang mampu melumpuhkan dan menghancurkan parasit cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa memerlukan obat pencahar. 

 

Obat ini juga memiliki varian khusus untuk dewasa, yaitu Konvermex 250 dalam sediaan suspensi rasa vanilla latte dan kaplet. Serta varian untuk anak-anak, yaitu Konvermex 125 dalam sediaan Suspensi rasa jeruk dan tablet.

 

Semoga informasi ini dapat membantu kamu menjawab pertanyaan mengenai cara untuk mengatasi infeksi cacing pada anak-anak.

Tags:

Halaman