ARTIKEL

Main hujan-hujanan Jadi Penyebab Anak Batuk Pilek, Masa Sih?

Dec 30, 2022 3:00pm

Banyak orangtua yang beranggapan bahwa kehujanan bisa menyebabkan anak batuk dan pilek. Hal inilah yang membuat kebanyakan orangtua melarang anaknya untuk bermain hujan-hujanan. Padahal sebaliknya, anak-anak justru merasa senang dan bahagia saat bermain hujan apalagi bersama teman-temannya.

Faktanya Bunda, bermain hujan bukanlah penyebab utama anak terserang batuk dan pilek. Penurunan suhu yang mendadak saat hujan turun membuat tubuh harus lebih cepat beradaptasi. Hal ini membuat tubuh mengeluarkan energi yang cukup besar. Perubahan suhu ini pun dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat si kecil rentan terserang penyakit. Pilek yang terjadi setelah kehujanan umumnya diakibatkan oleh suhu yang dingin.

Saat daya tahan tubuh menurun, virus pilek yang masuk dapat langsung menginfeksi tubuh. Virus pilek dan batuk menyebar melalui droplet ketika penderita batuk, bersin atau bahkan berbicara. Virus ini juga bisa menyebar saat tangan yang telah bersentuhan dengan benda-benda yang terkontaminasi menyentuh wajah, terutama mulut dan hidung.

Jadi Bunda, main hujan-hujanan dan kedinginan tak melulu membuat anak batuk pilek. Hanya anak dengan alergi atau sensitif terhadap dingin yang berisiko tinggi terserang batuk pilek setelah kehujanan. Bila anak mengalami batuk pilek setelah main hujan-hujanan, lakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya:

  1. Berikan obat batuk pilek khusus anak

Berikan anak obat batuk dan pilek segera setelah gejalanya muncul. Langkah ini membantu anak lebih cepat pulih dari batuk, flu dan pilek. Namun pastikan Bunda memberikan obat batuk dan pilek khusus anak sesuai dosis yang dianjurkan ya, Bunda.

  1. Batasi aktivitas anak

Sebaiknya batasi aktivitas anak, terutama setelah si kecil minum obat. Lebih banyak istirahat dan cukup tidur membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

  1. Cukupi kebutuhan cairan anak

Selain itu, pastikan anak tidak dehidrasi saat terserang batuk dan pilek. Berikan anak lebih banyak cairan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya.

  1. Berikan makanan kaya gizi

Hindari memberikan anak makanan dan minuman dingin serta banyak kandungan minyaknya, seperti gorengan. Berikan anak makanan kaya nutrisi agar lebih cepat sembuh.

  1. Terapkan pola hidup sehat

Ajarkan si kecil pola hidup sehat agar tidak mudah sakit. Mintalah anak untuk selalu menggunakan masker saat sedang sakit. Serta selalu mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir untuk mencegah virus dan bakteri yang menempel di tangan masuk ke dalam tubuh.

Siapkan juga obat-obatan untuk keluarga di rumah. Bunda bisa mendapatkan obat-obatan yang aman dan terpercaya untuk anak di Konimexstore. Bila kondisi kesehatan anak tak kunjung membaik segera bawa ia ke dokter.

Tags:

Halaman