ARTIKEL

Kondisi Demam yang Terjadi pada Anak Ini Perlu Diwaspadai, Bun!

Sep 18, 2021 4:54pm

Sakit demam pada anak memang sering terjadi. Saat anak terlalu lelah, perubahan suhu udara, hingga ada infeksi bakteri atau virus, maka gejala awal yang terjadi adalah demam. Demam pada anak seringnya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ada beberapa kondisi demam yang perlu Bunda waspadai.

 

  1. Semakin Parah Setelah 2 Hari

Demam merupakan bentuk sistem pertahanan tubuh. Ketika anak menderita flu, tubuhnya mungkin akan mengalami demam selama satu hingga dua hari. Namun, apabila demam pada anak terjadi lebih dari 2 hari dan jadi lebih parah setelahnya, maka Bunda perlu waspada. Bisa saja demam yang panjang terjadi karena infeksi yang serius pada tubuh si kecil.

 

  1. Pingsan

Saat si kecil sampai pingsan saat demam, Bunda juga perlu waspada. Bisa saja demam yang dialaminya sudah terlampau tinggi sehingga membuatnya merasa pusing dan pingsan. Saat anak pingsan, pastikan Bunda tidak panik dan segera melakukan pertolongan pertama yang tepat.

 

  1. Anak Tampak Sangat Lemas

Ketika si kecil demam, tubuh yang lemas adalah hal yang wajar. Namun, apabila tubuhnya terlalu lemas hingga tidak bisa duduk atau berdiri untuk ke kamar mandi, maka Bunda perlu waspada. Pastikan kebutuhan hidrasinya tercukupi sehingga si kecil tidak mengalami dehidrasi yang bisa membuat tubuh jadi semakin lemas.

 

  1. Sesak Nafas

Ketika demam disertai sesak nafas, Bunda perlu lebih waspada. Pasalnya di situasi pandemi seperti saat ini, demam dan sesak nafas menjadi salah satu ciri terinfeksi virus COVID-19. Namun, tidak semua sakit demam dan sesak nafas merupakan COVID-19. Untuk mengetahuinya, lakukan PCR test dan datangi dokter untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang tepat.

 

  1. Kulit Pucat atau Tampak Kebiruan

Kulit yang pucat atau tampak kebiruan bisa jadi tanda kurangnya oksigen pada tubuh, kondisi ini disebut Sianosis. Sianosis bisa terjadi saat udara terlalu dingin, sehingga pembuluh darah menyempit. Namun, sianosis juga bisa terjadi ketika ada gangguan serius pada organ tubuh anak. Jika hal ini terjadi, Bunda sebaiknya segera membawa si kecil ke rumah sakit untuk diberikan tabung oksigen dan penanganan lanjutan oleh dokter.

 

Jika demam yang terjadi pada anak tidak menunjukkan tanda-tanda di atas, maka demam yang dialaminya masih bisa disebut normal. Ketika si kecil mengalami demam, Bunda bisa memberikan pertolongan pertama di rumah dengan Inzana.

Inzana merupakan pertolongan pertama untuk menurunkan panas demam anak dalam bentuk tablet kunyah yang enak dan aman. Inzana telah dipasarkan dan dipercaya selama lebih dari 30 tahun, dalam bentuk tablet kunyah yang praktis, dengan rasa jeruk yang enak dan disukai anak.

 

Rasanya yang enak dan dikemas dalam kemasan strip menjadikan Inzana obat penurun panas demam anak yang praktis dibawa saat bepergian maupun di rumah.

Tags:

Halaman