ARTIKEL

Ketahui 6 Makanan Penyebab Sembelit pada Balita

Sep 18, 2019 11:14am

Bunda, sembelit atau susah buang air besar tidak hanya menjadi masalah bagi orang dewasa. Kondisi ini ternyata juga bisa menyerang balita. Sembelit pada balita biasanya ditandai dengan perut kembung, sehingga si kecil mengalami buang gas terlalu sering. Apakah Bunda sudah tahu bahwa sembelit pada balita bisa disebabkan oleh faktor makanan? Berikut beberapa makanan yang memicu konstipasi pada pencernaan balita.

 

Susu formula

ASI eksklusif akan diperoleh si kecil hingga usianya 2 tahun. Selanjutnya, untuk memenuhi asupan gizi si kecil, Bunda bisa memberikan susu formula. Namun demikian, susu formula ini memicu sembelit pada balita karena protein susu sapi lebih sulit dicerna. Sebagai akibatnya, balita justru mengalami susah buang air besar. Perlu diketahui bahwa secara normal balita akan buang besar 2 – 3 kali sehari. Jadi, jika si kecil hanya buang kecil satu kali atau bahkan tidak sama sekali dalam sehari, maka Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter anak.

 

Sereal beras

Sereal beras menjadi salah satu menu MPASI sekaligus menu makanan padat yang sering diberikan untuk balita. Meski bisa mengenyangkan, sereal beras ini dapat menyebabkan sembelit pada balita karena rendah serat dan terlalu banyak mengandung gula. Sebagai menu pengganti sereal beras, Bunda bisa memberikan sereal oatmeal atau menambahkan madu dan selai buah pada sereal si kecil untuk meningkatkan cita rasa dan mencegah sembelit.

 

Cokelat

Siapa yang tidak suka makan cokelat? Terlebih balita yang senang mengonsumsi makanan manis, cokelat menjadi favorit bagi mereka. Padahal cokelat yang dikonsumsi balita secara berlebihan justru akan memicu masalah pada pencernaannya. Lemak yang terkandung di dalam coklat diketahui dapat memperlambat proses pencernaan. Dengan begitu, konstraksi otot yang memicu gerakan makanan di dalam usus pun berjalan lambat dan terjadilah susah buang air besar.

 

Pisang mentah

Pisang memiliki kandungan serat yang baik untuk memperlancar pencernaan. Sebaliknya, pisang mentah justru akan memicu sembelit pada balita. Hal ini dikarenakan terdapat rantai glukosa yang panjang pada pisang mentah sehingga sulit dicerna. Di samping itu, pisang mentah juga mengandung senyawa tanin dalam jumlah tinggi. Senyawa inilah yang memperlambat pencernaan di dalam organ usus balita. Akibatnya, konstipasi pun tidak dapat dihindari. Sebaiknya, pastikan pisang sudah benar-benar matang, ya, Bunda, sebelum memberikannya pada si kecil.

 

Daging merah

Meski kaya akan protein, daging merah bukanlah pilihan makanan yang tepat untuk diberikan pada balita. Selain karena kandungan serat yang sangat sedikit, daging merah juga memiliki lemak dalam jumlah tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan oleh si kecil, maka sumber makanan ini justru akan mengakibatkan sembelit pada balita. Nah, untuk memenuhi kebutuhan protein setiap harinya, Bunda bisa mengombinasikan asupan nutrisi dari bahan makanan lain, seperti ikan dan telur.

 

Dairy products

Dairy products seperti yogurt, keju, maupun es krim juga dikatakan sebagai salah satu penyebab sembelit pada balita. Penyebabnya adalah karena dairy products memiliki kadar lemak yang sangat tinggi. Kandungan laktosa pada produk olahan susu ini juga mengakibatkan perut kembung dan bergas. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka balita justru akan mengalami susah buang air besar dan butuh pemeriksaan dokter lebih lanjut untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Setelah mengetahui makanan penyebab sembelit pada balita, Bunda tentu bisa mengantisipasinya dengan lebih baik. Pastikan Bunda selalu memenuhi kebutuhan serat si kecil dengan buah-buahan segar dan sayuran hijau yang kaya akan vitamin. Hal ini penting diperhatikan agar kondisi usus balita tetap sehat dan bersih, sehingga terhindar dari beragam masalah pencernaan. Semoga informasi ini membantu Bunda dalam memastikan kondisi kesehatan pencernaan si kecil, ya!

Tags:

Halaman

Artikel Terkait