ARTIKEL

Isi Awal Tahun dengan Kegiatan Seru ini yuk!

Jan 25, 2022 5:11pm

Masih ada sisa waktu libur awal tahun? Tidak melulu harus liburan ke luar kota atau bepergian jauh lho, Bunda. Ada banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa Bunda lakukan bersama anak-anak di rumah. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa kegiatan seru bersama anak saat liburan di rumah.

Bermain board games

Permainan board games selalu jadi pilihan untuk dimainkan bersama keluarga di rumah. Permainan ini juga dapat meningkatkan bonding antara orangtua dan anak serta jadi sarana belajar sambil bermain untuk anak. Jangan lupa, pilihlah permainan board games sesuai usia si kecil ya Bund. Untuk anak dengan usia yang lebih besar, permainan monopoli dan catur bisa jadi pilihan menarik.  

Lakukan permainan yang perlu kegiatan fisik

Kebanyakan anak-anak malas bergerak selama liburan di rumah ya, Bund. Namun tubuh tetap harus aktif bergerak agar tetap fit dan tidak mudah sakit. Nah, Bunda bisa lho mengajak anak-anak dan anggota keluarga lainnya untuk aktif bergerak dengan melakukan kegiatan seru. Ada banyak permainan yang membuat tubuh aktif bergerak seperti bermain bola, menari dan menyanyi, atau fashion show bersama anak.

Membuat kue bersama anak

Jika Bunda hobi memasak, bisa lho menurunkan bakatnya pada si kecil. Ajak anak memasak atau membuat kue kesukaannya bersama-sama. Kegiatan memasak dan membuat kue bersama punya banyak manfaat untuk anak. Memasak bersama mempererat bonding dengan anak. Si kecil juga memiliki pengalaman dan kemampuan baru serta membangun rasa percaya diri dan kreativitasnya.

Memberikan tantangan seru untuk dilakukan masing-masing anggota keluarga

Bosan dengan kegiatan dan permainan yang itu-itu saja? Coba lakukan permainan yang sedikit berbeda dan menantang, seperti memberikan tantangan-tantangan seru pada masing-masing anggota keluarga. Berikan rewards atau hadiah menarik pada anggota keluarga yang berhasil menyelesaikan tantangan. Tidak perlu hadiah yang mewah atau mahal, berikan hadiah berupa makanan kesukaan atau mainan favorit si kecil.

Bertukar hadiah untuk setiap anggota keluarga

Agar lebih berkesan, buatlah rencana bertukar hadiah jelang pergantian tahun. Mintalah masing-masing anggota keluarga membuat kado atau hadiah yang akan diberikan. Kumpulkan semua kado di satu tempat dan ajaklah seluruh anggota keluarga berkumpul sesuai jadwal untuk bertukar hadiah.

Bunda bisa membantu si kecil menentukan hadiah yang akan diberikan. Tidak perlu mahal atau mewah, hadiah sederhana buatan sendiri bisa memberikan kesan menyentuh lho. Asah daya kreativitas si kecil dengan hasil gambar buatannya sendiri sebagai kado untuk orang tua. Bisa juga dengan memberikan bunga di pekarangan rumah atau hal-hal favoritnya.

Tags:

Halaman