ARTIKEL

Gak Disangka, Ternyata Ini Penyebab Demam Paling Umum yang Sering Menyerang Anak

Mar 22, 2021 9:48am

Si kecil lebih rewel dari biasanya hingga tak nafsu makan? Bunda perlu waspada jika hal ini terjadi. Bisa saja si kecil sedang mengalami demam yang menjadi tanda adanya infeksi atau penyakit tertentu.

Demam jadi salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak. Demam pada anak umumnya terjadi ketika kondisi suhu tubuh mencapai 37 derajat Celcius hingga lebih. Kondisi ini menjadi tanda bahwa tubuh anak sedang melawan infeksi.

Namun demam pada anak juga bisa diakibatkan oleh beberapa penyakit tertentu, seperti infeksi saluran pernapasan (ISPA), batuk, pilek, dan flu. Penting bagi Bunda untuk selalu sedia termometer untuk mengukur suhu tubuh si kecil. Karena untuk mengetahui kondisi demam pada anak tak cukup hanya dengan menyentuh kening si kecil, Bunda.

 

Beberapa gejala demam yang perlu Bunda ketahui di antaranya sebagai berikut:

  • Anak mudah marah, rewel, dan lesu
  • Suhu tubuh melebihi 37 derajat Celcius
  • Lebih sensitif dan sering menangis
  • Nafsu makan berkurang
  • Bernapas lebih cepat
  • Mengalami kejang
  • Adanya perubahan kebiasaan tidur dan makan
  • Sakit kepala
  • Tidur lebih lama atau kesulitan untuk tidur

 

Adapun beberapa penyebab demam pada anak yang perlu Bunda ketahui di antaranya yaitu:

 1. Imun yang rendah

Daya tahan tubuh anak tak selalu kuat. Ada kalanya sistem imun si kecil rendah hingga rentan terserang penyakit. Sistem imun yang lemah ini menjadi salah satu penyebab munculnya demam pada anak.

 2. Infeksi

Demam bisa menjadi tanda tubuh sedang melawan infeksi. Penyebab demam tinggi karena infeksi umumnya disebabkan oleh virus dan bakteri. Beberapa penyakit yang menyebabkan demam pada anak seperti flu, infeksi saluran pernapasan (ISPA), radang amandel, infeksi telinga, cacar air, infeksi ginjal, infeksi saluran kemih (ISK), dan batuk rejan.

 3. Mengenakan Pakaian Terlalu Berlebihan

Demam juga bisa terjadi akibat pakaian dan suhu lingkungan sekitar anak. Terlalu lama bermain di luar ruangan ketika cuaca panas bisa memicu demam pada anak. Selain itu, mengenakan pakaian terlalu berlebihan dan tebal juga dapat menyebabkan demam, khususnya pada bayi baru lahir. Mengenakan pakaian tebal sebaiknya hanya jika suhu dan cuaca sedang dingin.

 4. Imunisasi

Penyebab demam pada anak lainnya adalah efek imunisasi. Beberapa anak dan bayi akan mengalami demam ringan setelah imunisasi.

Terdapat beragam cara untuk mengatasi demam pada anak. Hal pertama yang penting dilakukan ketika anak demam adalah mencukupi kebutuhan cairannya. Pastikan si kecil cukup minum air putih agar tetap terhidrasi. Untuk bayi di bawah usia 6 bulan, perbanyak asupan ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula.

 

Salah satu cara mengatasi demam pada anak adalah menggunakan obat penurun panas yang dipercaya, Inzana. Inzana adalah obat turun panas anak yang telah dipasarkan dan dipercaya selama lebih dari 30 tahun, dalam bentuk tablet kunyah yang praktis, dengan rasa jeruk yang enak dan disukai anak.

 

Inzana merupakan pertolongan pertama untuk menurunkan panas demam anak dalam bentuk tablet kunyah yang enak dan aman. Rasanya yang enak dan dikemas dalam kemasan strip menjadikan Inzana obat penurun panas demam anak yang praktis dibawa saat bepergian maupun di rumah.

 

Jadi, Bunda tidak perlu khawatir lagi saat demam menyerang si kecil ya!

Tags:

Halaman