ARTIKEL

Demam Bisa Jadi Gejala Awal dari Empat Penyakit Ini

Aug 26, 2020 10:46am

Jika si kecil mengalami demam naik turun, pastinya akan menimbulkan kecemasan bagi orang tua. Walaupun demam itu sendiri bukanlah penyakit, gejala demam adalah suatu gangguan kesehatan yang muncul akibat penyakit lain. Anak dinyatakan demam jika suhu tubuh meningkat di atas rata-rata suhu normal, yaitu diatas 38 derajat celcius. Suhu yang tinggi tersebut diakibatkan oleh sistem imun tubuh terhadap infeksi yang sedang menyerang tubuh anak.

 

Gejala demam ditandai dengan naik turunnya suhu badan secara fluktuatif, bisa saja mencapai puncak di malam hari dan reda keesokan paginya. Bisa juga anak mengalami demam yg naik turun tak menentu sepanjang hari. Jangan anggap sepele gejala demam tersebut karena bisa merupakan gejala awal dari empat penyakit di bawah ini.

 

Malaria

Penyakit malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles yang membawa parasit dan merupakan salah satu penyakit endemik yang sering ditemukan di negara beriklim tropis seperti di Indonesia. Penyakit endemik merupakan sebutan bagi penyakit yang ada pada suatu daerah atau populasi tertentu.

 

Pada umumnya, gejala penyakit malaria muncul dalam kurun waktu 7-15 hari setelah gigitan nyamuk. Namun dalam kasus tertentu, gejala bisa saja muncul sampai satu tahun kemudian. Selain gejala demam yang naik turun, penderita malaria juga akan mengalami sakit kepala, keringat dingin, muntah, diare, nyeri otot, dan badan meriang.

 

Gejala demam akan berlangsung kurang lebih selama 24-72 jam, tergantung pada jenis parasit yang menginfeksi dan juga sistem imun tubuh penderita. Saat gejala demam pertama melanda, penderita akan menggigil dan berkeringat dingin serta merasa lelah secara berkepanjangan. Secara lazim, gejala demam tersebut akan berlangsung selama 6-12 jam.

 

Demam Berdarah

Mungkin Bunda sudah tidak asing lagi mendengar penyakit ini karena wabah demam berdarah cukup sering melanda di Indonesia, apalagi saat musim hujan tiba. Penyakit ini ditularkan oleh gigitan nyamuk Aegypti yang terinfeksi virus dengue.

 

Gejala penyakit ini pada umumnya akan muncul 4-7 hari setelah tubuh terinfeksi oleh virus dan bisa berlangsung sekitar 10 hari. Gejala demam berdarah antara lain munculnya bintik kemerahan di kulit dan wajah memerah selama 2-3 hari. Gejala demam juga akan dialami oleh penderita selama 2-7 hari pertama, bahkan bisa mencapai suhu setinggi 40 derajat celcius ataupun lebih. Setelah beberapa hari, gejala demam akan mereda dan meningkat lagi

 

Selain gejala utama di atas, perhatikan juga beberapa gejala berikut ini yang dapat menandakan penyakit demam berdarah, seperti sakit kepala hebat, nyeri otot, mual, kehilangan nafsu makan, dan munculnya pendarahan layaknya mimisan akibat jumlah trombosit yang turun.

 

Tifus

Tifus dapat ditularkan melalui konsumsi makanan atau minuman yang terinfeksi bakteri salmonella. Biasanya berawal dari pengolahan makanan atau minuman yang kurang bersih. Setelah terinfeksi bakteri, penderita akan mengalami nyeri perut, diare, badan lemas, dan gejala demam tinggi. Gejala penyakit akan muncul sekitar 7-14 hari setelah bakteri telah masuk ke dalam badan.

 

Gejala demam akibat penyakit tifus umumnya sangat fluktuatif, di mana suhu badan akan semakin meningkat dari hari ke hari. Jika gejala demam tidak kunjung reda dan tidak segera ditangani, penyakit tifus dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang fatal bagi penderita.

 

Untuk menghindari penyakit tifus, pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil bersih dan higienis. Usahakan untuk makan masakan dirumah dan hindari jajan di luar.

 

Hepatitis

Hepatitis terjadi saat adanya peradangan atau kerusakan sel-sel hati yang disertai oleh gejala demam yang tinggi. Selain gejala demam, hepatitis juga disertai oleh gejala yang sangat mirip dengan flu ringan, contohnya seperti hilangnya nafsu makan, nyeri otot, mual, dan muntah. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A, B, dan C yang sering menyerang manusia saat kondisi imun tidak prima.

 

Gejala demam dapat menjadi penanda awal dari penyakit-penyakit serius di atas. Jika demam tetap berkelanjutan selama lebih dari tiga hari, ada baiknya Bunda mengunjungi dokter agar bisa mengetahui penyebab demam tersebut. Gunakan Termorex Patch sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi demam naik turun, sangat praktis karena hanya tinggal ditempelkan ke dahi anak. Semoga keluarga sehat selalu ya, Bunda!

Tags:

Halaman